900 Ribu Mobil Lama Mercedes Kembali Ditarik

Mobil Lama Mercedes Kembali Ditarik
Mobil Lama Mercedes Kembali Ditarik

MERCEDES-Benz dikabarkan menarik hampir satu juta kendaraan keluaran lamanya di seluruh dunia karena adanya masalah potensial dengan sistem pengereman.

Otoritas Transportasi Federal (KBA) mengatakan bahwa penarikan tersebut dilakukan per 1 Juni. Setidaknya ada 993.407 kendaraan di seluruh dunia yang ditarik, dimana 70.000 di antaranya ditarik di .

“Korosi pada rem dalam kasus terburuk dapat menyebabkan sambungan antara pedal rem dan sistem pengereman terputus. Akibatnya, rem servis bisa berhenti berfungsi,” Otoritas Transportasi Federal (KBA) dikutip dari AFP, Minggu (5/6).

Adapun jenis-jenis yang ditarik ialah SUV ML dan GL, serta minivan jenis R-Class. Semua mobil tersebut adalah rilisan tahun 2004 hingga 2015.

Pihak Mercedes-Benz mengkonfirmasi penarikan itu dalam sebuah pernyataan. Mereka menyatakan penarikan itu didasarkan pada analisis laporan kondisi untuk kendaraan tertentu.

“Dalam kasus korosi yang sangat parah yang jarang terjadi, mungkin saja manuver pengereman yang sangat kuat atau keras menyebabkan kerusakan mekanis pada booster rem, di mana koneksi antara pedal rem dan sistem rem akan gagal,” kata Mercedes.

Mereka menambahkan, servis rem saja tidak akan cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, risiko kecelakaan atau cedera akan meningkat.

“Proses penarikan akan melibatkan pemeriksaan kendaraan yang berpotensi terkena dampak dan, tergantung pada hasil pemeriksaan, mengganti suku cadang jika diperlukan,” tambah mereka.

Mercedes menghimbau sampai pemeriksaan dilakukan, mereka meminta para pengguna mobil terkait untuk tidak mengemudikan kendaraan mereka. (***)

Baca Juga   Mau Tahu Daya Jelajah Mobil Listrik, Ikuti Ulasan Berikut