Ayo Kembalikan Performa Mobil Anda Pasca Mudik

Avatar Of Teddy Chaniago
12. Service | Buliran.com

LIBUR Idul Fitri 1443 H sudah berakhir, dan ini juga menjadi akhir dari perjalanan mudik lebaran banyak masyarakat Indonesia. Meski perjalanan mudik lebaran sudah berakhir, namun para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadinya masih memiliki pekerjaan rumah untuk memastikan kondisi kendaraannya kembali optimal dan siap digunakan mobilitas sehari-hari.

Kendaraan-kendaraan yang digunakan mudik dengan perjalanan jarak jauh perlu dilakukan pengecekan untuk mengembalikan performanya. Kondisi kendaraan perlu diperhatikan karena kondisi perjalanan mudik tergolong sangat berat sehingga kinerja kendaraan selalu dalam kondisi tinggi. Setidaknya ada 5 sektor di kendaraan yang harus di cek usai perjalanan mudik;

1. Kondisi Mesin dan Aneka Cairan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa ruang mesin kendaraan. Cara mudah untuk memeriksanya adalah mendengarkan suara mesin, dan pastikan tidak ada suara yang janggal dan mesin bisa dihidupkan dengan mulus. Selain itu, pastikan juga kondisi mesin kering dan tidak ada tumpahan/rembesan cairan di bagian bawah.

Setelahnya, perlu di cek cairan-cairan yang dibutuhkan kendaraan seperti oli mesin, minyak rem, cairan radiator, hingga cairan wiper. Pemilik kendaraan bisa menambahkan cairan tersebut apabila kurang, atau menggantinya apabila sudah waktunya diganti agar kondisinya tetap maksimal takala digunakan.

2. Sektor Kaki-Kaki dan Ban

Mengecek kaki-kaki kendaraan memang tergolong tidak mudah dan membutuhkan dongkrak. Pemilik kendaraan mendongkrak roda depan dan kemudian memeriksanya. Kemudian gerakan roda (belok kiri dan kanan), apabila ada yang goyang maka bisa mengecek bagian tie-rod dan ball joint.

Baca Juga   Limited Edition, Ini Bocoran Wajah Baru Lamborghini Countach LPi 800-4