Serangan Terbaru: Malware “Daam” Mengintai Pengguna Android, Risiko Data Pribadi Terancam

Mewaspadai Ancaman Malware “Daam”: Pengguna Android Rentan Disusupi Artikel ini telah tayang di bulirannews.com dengan judul Mewaspadai Ancaman Malware "Daam": Pengguna Android Rentan Disusupi - Bulirannews.com Baca artikel selengkapnya di https://bulirannews.com/1094/mewaspadai-ancaman-malware-daam-pengguna-android-rentan-disusupi.html
Mewaspadai Ancaman Malware “Daam”: Pengguna Android Rentan Disusupi Artikel ini telah tayang di bulirannews.com dengan judul Mewaspadai Ancaman Malware "Daam": Pengguna Android Rentan Disusupi - Bulirannews.com Baca artikel selengkapnya di https://bulirannews.com/1094/mewaspadai-ancaman-malware-daam-pengguna-android-rentan-disusupi.html

.com – Mewaspadai Ancaman “Daam”: Pengguna Rentan Disusupi. Para pelaku terus berusaha untuk melancarkan tindakan mereka. Mereka berpacu dengan waktu, mengikuti dan kebiasaan masyarakat di era digital saat ini.

Tidak hanya menargetkan korban besar, hacker sekarang juga mulai membidik masyarakat umum. Mereka yang aktif menggunakan dan menyimpan informasi penting di dalamnya menjadi sasaran empuk bagi para peretas jahat.

Metode yang digunakan terus berubah, seperti evolusi malware. Baru-baru ini, telah ditemukan sebuah malware bernama Daam yang diketahui sangat berbahaya dan mengintai pengguna smartphone Android.

Malware Daam pertama kali ditemukan di India oleh CERT-IN, organisasi nasional India. Mereka memperingatkan tentang keberadaan malware Android berbahaya ini. Malware ini diketahui menjadi ancaman serius terhadap keamanan pengguna.

Malware ini memiliki kemampuan untuk melewati perangkat lunak antivirus, mencuri informasi sensitif, dan bahkan memasang ransomware pada perangkat yang menjadi targetnya.

Setelah terinfeksi, malware Daam dapat mengakses dan mencuri berbagai data rahasia, seperti riwayat penelusuran, log panggilan, informasi kontak, konten kamera, pesan SMS, dan file-file penting.

Malware ini beroperasi dengan menghindari langkah-langkah keamanan, sehingga sulit untuk dideteksi dan dihapus. Data yang dicuri kemudian dikirim ke server penyerang, dan konten perangkat dienkripsi menggunakan enkripsi AES. Hal ini menyebabkan munculnya file .enc dan catatan tebusan bernama readme_now.txt.

Untuk melindungi perangkat Android dari malware Daam dan risiko serupa, CERT-IN memberikan beberapa rekomendasi kepada pengguna smartphone Android. Rekomendasi ini sederhana namun sangat penting untuk mencegah serangan malware tersebut.

Pertama, saat membuka website atau situs, pastikan domain situs web terlihat jelas. Jika ragu, gunakan mesin pencari untuk mencari situs web resmi organisasi terkait dan memastikan keasliannya. Jangan asal mengklik tautan.

Baca Juga   Indonesia "Simpan" 52% Cadangan Nikel Dunia

Selanjutnya, pengguna smartphone Android dapat memanfaatkan Alat Penjelajahan Aman dan layanan pemfilteran yang disediakan oleh antivirus, firewall, dan perangkat lunak pemfilteran berbasis konten.

Berhati-hatilah dengan URL yang disingkat, seperti yang menggunakan bit.ly atau tinyurl. Arahkan kursor ke tautan tersebut untuk melihat domain situs web lengkap atau gunakan pemeriksa URL untuk memverifikasi tujuannya.

Pastikan juga bahwa ada sertifikat enkripsi yang valid dengan mencari simbol gembok hijau di bilah alamat browser. Verifikasi langkah-langkah keamanan yang tepat sebelum membagikan informasi sensitif secara online.

Selanjutnya, segera laporkan aktivitas akun yang mencurigakan kepada bank atau penyedia layanan terkait dengan memberikan detail yang relevan agar tindakan yang tepat dapat diambil.

Dengan mengikuti pedoman di atas, pengguna smartphone Android dapat secara signifikan mengurangi kerentanan mereka terhadap malware Daam dan ancaman serupa. Penting untuk tetap waspada dan memprioritaskan perlindungan perangkat guna menjaga keamanan dan keselamatan online.

Artikel ini telah tayang di bulirannews.com dengan judul Mewaspadai Ancaman Malware “Daam”: Pengguna Android Rentan Disusupi – Bulirannews.com

Baca artikel selengkapnya di https://bulirannews.com/1094/mewaspadai-ancaman-malware-daam-pengguna-android-rentan-disusupi.html