Deretan Mobil Pertama Merambah Indonesia, Ini Daftarnya

2. mobil | Buliran.com

PADA Era 60-an ke belakang jalanan Indonesia disesaki oleh - dan . Merek-merek terkenal, seperti Pontiac, Ford, , dan Mercedes-Benz cukup populer di masa itu.

Namun perlahan merek-merek mobil asal Jepang mulai hadir dan menggeser brand-brand tadi. Di kala itu dan kawan-kawan masuk melalui importir umum.

Menilik hal tersebut, lantas mobil apa yang pertama kali mengaspal di Indonesia dari brand-brand asal Jepang? Berikut ini sederet ulasannya yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1.

2.1 seri B600 | Buliran.com

Di awal 60-an, Mazda turut hadir di Indonesia dengan menghadirkan mobil seri B600. Saking populernya, minibus ini bahkan mendapat julukan dari masyarakat, yakni Mazda Kotak Sabun.

Mazda B600 masuk ke Indonesia melalui importir umum dan ketika itu banyak digunakan sebagai kendaraan dinas pegawai negeri sipil (PNS).

2.

2.2 Honda T360 | Buliran.com

Honda pun demikian, pabrikan tersebut meluncurkan mobil pertamanya di Indonesia pada tahun 1963 dengan menghadirkan pikap Honda T360.

Pikap ini pun memiliki desain cukup unik, sebab mesin ditempatkan di bawah jok kemudi. Sedangkan bagian depan digunakan untuk meletakkan ban serep.

3. Toyota

2.3 Toyota | Buliran.com

Terkait yang masuk ke Indonesia, Toyota hadir dengan model sedan, yakni Toyota Tiara. Kendaraan roda empat tersebut dikirim dari Thailand oleh AH Budi (pendiri Nasmoco) pada tahun 1961.

Sebanyak tujuh unit Toyota Tiara masuk ke Tanah di masa itu secara semi knock down (SKD).

4. Daihatsu

2.4 Seri S37 | Buliran.com

Daihatsu pertama kali hadir di Indonesia dengan model Hijet. Seri S37 menjadi awal kiprah pabrikan tersebut. Hanya saja mobil ini merupakan pemberian pemerintah Jepang untuk penanggulangan gunung meletus pada 1972.

Baca Juga   Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai? Kenali Penyebabnya

Setahun kemudian atau 1973, barulah Daihatsu Hijet S38 hadir untuk dijual secara massal.

5. Suzuki

2.5 ST20 Carry | Buliran.com

Terakhir adalah Suzuki. Merek asal Jepang tersebut hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 1978 dengan produk pertamanya adalah ST20 Carry.

Kendaraan ini di masanya banyak digunakan sebagai angkutan kota (angkot) dan mendapat julukan “turungtung”. Hal ini karena mesin dari Suzuki ST20 Carry memiliki bunyi seperti itu.***