Dipan Minimalis? Begini Membuatnya

Avatar Of Teddy Chaniago
9.5 Ranjang | Buliran.com

MEMBUAT dipan atau ranjang sederhana namun memiliki kualitas jempolan, saat ini tak perlu lagi harus diserahkan kepada tukang perabot. Karena sesungguhnya, membuat benda yang akan menemani kita menggapai mimpi indah itu, tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Bagi para pemula, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendesain gambar atau bentuk dari dipan sederhana yang akan dibuat. Mulai dari tampilan kasar, ukuran hingga model yang disuka.

9.2 Ranjang | Buliran.com

Setelah pembuatan desain selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya tentu saja mencari bahan atau kayu yang akan dijadikan bahan utama untuk membuat ranjang itu sendiri.

Kayu yang akan dijadikan ranjang, tentu saja kayu yang telah teruji kekuatannya dan berusia tua. Diantaranya kayu jati, kayu meranti, kampar dan lain sebagainya. Jangan memilih kayu sembarangan karena nantinya hanya akan membuat kita kecewa.

9.4 Ranjang | Buliran.com

Kayu ini, lantas dipotong sesuai dengan desain yang telah disiapkan sebelumnya dengan terlebih dahulu menjemur kayu tersebut agar kekuatannya semakin prima. Kita harus bisa memastikan, mana kayu yang akan dijadikan tiang ranjang, penyangga ranjang dan tentu saja alas ranjang.

Memotong, tentu saja tak sekadar membelah atau mengerat kayu yang dipersiapkan sebelumnya. Ketelitian dan kehati-hatian, harus menjadi perhatian utama agar memotong kayu tak menimbulkan kecelakaan kepada kita dan tentunya untuk memastikan ukuran kayu yang dipotong memang sesuai dengan model yang telah direncanakan sebelumnya.

9.1 Ranjang | Buliran.com

Selain itu, dalam memotong kayu kita juga harus perhatikan tekstur atau corak kayu, sehingga saat menjadi ranjang, kesannya akan semakin memikat dan bernilai seni.

Begitu pemotongan selesai dilakukan, maka bahan tersebut perlu dihaluskan menggunakan ampelas agar tak menimbulkan lecet ataupun luka pada pengguna ranjang tersebut nantinya. Dan yang terpenting, dengan mengampelas maka serat kayu akan hilang serta memunculkan tekstur atau kayu itu sendiri.

Baca Juga   Puluhan Tahun Tenggelam, Masjid Noori Kembali Muncul

9. Ranjang | Buliran.com

Penggunaan sekrup untuk mengikat antara satu bagian dan bagian lainnya, harus juga diperhatikan. Agar kekuatan dari ranjang yang dibuat semakin sempurna dan tentu akan lama kita menggunakannya.

Kalau semua potongan jumlahnya telah cukup dan sesuai dengan desain sebelumnya, kita tinggal memasang antara satu bagian dengan bagian lainnya.

Kita harus bisa memastikan, tak ada rongga atau rangka yang kita buat goyah atau goyang. Sebab, jika hal itu ditemukan akan berdampak pada kenyamanan kita saat menidurinya.

Jika semua bagian sudah terpasang, langkah berikutnya adalah tahap akhir. Sentuhan akhir atau finishing ini bisa berbentuk sekadar menghaluskan pada semua permukaan kayu atau memberikan warna pada kayu.

Untuk tempat tidur dengan bahan kayu jati, paling elegan adalah tidak perlu memberikan warna tambahan sehingga warna kayu yang alami tetap terjaga. Yang penting terdapat lapisan yang membuat kayu bisa tahan lama. ***