Ribuan Triliun Harta Anak Bangsa Ngendap di Bawah Bantal & Mancanegara

Avatar Of Teddy Chaniago
10.0 Kaya | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA – Sudah menjadi rahasia umum, jika banyak pengusaha nasional yang menyimpan uangnya di negara-negara yang menetapkan tarif pajak rendah atau suaka pajak.

Meskipun pemerintah sudah menyediakan fasilitas pengampunan pajak atau tax amnesty pada 2016-2017 silam, pada kenyataannya masih banyak pengusaha yang belum mau mendeklarasikan harta kekayaannya.

Wakil Ketua Umum Bidang Kebijakan Fiskal dan Publik Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Suryadi Sasmita mengungkapkan, saat pelaksanaan Tax Amnesty Jilid I berlangsung, dari target 10 juta peserta yang ikut, hanya 1 juta yang mengikuti tax amnesty.

Pasalnya, kata Suryadi saat ini sempat muncul kekhawatiran kebijakan tersebut hanya jebakan pemerintah. Nah saat ini, kata Suryadi sampai saat ini masih banyak orang-orang kaya yang menaruh dana atau harta kekayaannya di dalam brankas.

10.2 Kaya | Buliran.com

“Masih banyak orang-orang kaya terselubung yang taruh di bawah bantal, yang taruhnya di brankas,” ujarnya di Jakarta, Selasa (2/11).

Bahkan, kata Suryadi saat ini juga masih banyak pengusaha yang menyimpan kekayaannya di luar negeri. Namun, harta tersebut dalam bentuk investasi bisnis. Oleh karena itu, harta kekayaan kebanyakan pengusaha di luar negeri adalah hasil dari bisnis yang mereka lakukan di luar negeri, bukan sengaja untuk disembunyikan.

“Karena semua pengusaha itu biasanya selalu mencari peluang. Kalau di sana ada peluang, tentu di mengambil peluang di sana,” ujarnya.

Baca Juga   Deretan Kota dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Indonesia