Holat, Si Kelat Nikmat dari Tapanuli

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Holat | Buliran.com

BERBICARA tentang Sumatera Utara (Sumut) tentu saja kita tidak melulu hanya membahas tentang Kota Medan. Karena di Sumut terdapat banyak daerah lain yang menarik untuk dibahas.

Sumut merupakan salah satu provinsi yang penduduknya terdiri dari beberapa macam suku, ras dan agama. Keanekaragaman inilah yang membuat jenis kuliner di Sumut berlimpah, begitu banyak jenis kuliner yang akan kita jumpai bila kita berkunjung ke barat Indonesia ini.

10.1 Holat | Buliran.com

Salah satu kuliner khas asal Sumut, lebih tepatnya dari Tapanuli ini tidak terlalu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan Sumut pada umumnya, namun memiliki cita rasa yang khas dan tentunya nilai gizi yang tinggi. Makanan tersebut bernama Holat.

Holat merupakan masakan khus Batak Mandailing. Bisa jadi, di luar suku Batak Mandailing akan kedengaran asing dengan makanan ini.

10.2 Holat | Buliran.com

Holat adalah makanan yang terdiri atas ikan mas –umumnya menggunakan ikan mas, namun banyak varian daging lain yang dapat digunakan untuk makakan Holat ini– dan kuah segar, yang sekilas mirip dengan sup dan sedikit bercak-bercak minyak yang keluar dari lemak ikan. Saat dicicipi, rasanya hampir seperti sup, tapi tunggu dulu, ada cita rasa yang khas pada kuliner ini.

Selain rasanya yang seperti sup, juga ada asin pedas dan segar, ternyata ada satu cita rasa lagi, yaitu rasa kelat dan pahit, rasa ini berasal dari kayu atau kulit Balakka.

Baca Juga   Pangek Bilih, Nan Menggoda Selera Khas Danau Singkarak