Cara Hemat Pakai AC

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Ac Mobil Tidak Dingin 01 | Buliran.com

TAK sedikit pemilik mobil yang tidak mengetahui sistem kerja AC (air conditioning). Padahal, boros tidaknya BBM mobil bisa disebabkan penggunaan AC secara kurang tepat.

3.1 Ac | Buliran.com

Bila kita tahu, pasti BBM bisa lebih hemat dari sebelumnya. Hanya butuh sedikit pengorbanan agar AC tidak bekerja berat sehingga mengurangi konsumsi BBM mobil.

Dengan menyalakan AC secara terus-menerus maka sistem kinerja komponen AC akan bekerja ekstra. Itu yang harus dikurangi.

Menurut situs bengkel AC Rotary Bintaro, ada sejumlah tips jitu untuk menyiasati penggunaan BBM secara berlebih, antara lain:

3. Ac | Buliran.com

1. Muatan Mobil

Dengan mengurangi banyaknya muatan yang akan diangkut oleh mobil. Karena terlalu banyak muatan akan membuat mobil memikul beban yang lebih berat, sehingga kinerja mesinnya pun bertambah dan membutuhkan tenaga bensin yang lebih banyak.

2. Tempat Parkir

1. Ac | Buliran.com

Usahakan untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Memarkirkan mobil di tempat yang terlalu panas otomatis akan membuat kabin juga panas, sehingga AC bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu di kabin.

Alhasil, bensin yang dibutuhkan pun semakin banyak.

3. Manfaatkan Udara Sekitar

Mengurangi pemakaian AC mobil. Pemakaian AC yang terlalu sering tentu akan memakan BBM dalam jumlah yang banyak.

3.2 Ac | Buliran.com

Manfaatkan angin sepoi-sepoi yang ada di alam terbuka untuk menyejukkan kabin mobil, sekaligus untuk menghemat pengeluaran. Lagi pula, udara di alam terbuka terasa lebih sejuk dibandingkan AC mobil. Apalagi udara pada pagi hari.

Baca Juga   Segera Hapus 9 Aplikasi Android Ini, Karena Bica Curi Password Akun Facebook Kamu!