Fobia Jarum Suntik? Begini Mengatasinya

Avatar Of Teddy Chaniago
19.1 Fobia | Buliran.com

APAKAH kamu pernah mengenal orang yang sangat takut dengan jarum suntik? Apakah hal tersebut dialami oleh dirimu sendiri? Jika iya, kondisi ini dikenal dengan istilah trypanophobia. Pengidap trypanophobia akan mengalami ketakutan yang mendalam pada tindakan medis yang berhubungan dengan jarum suntik.

Pengidap takut jarum suntik umumnya juga merasa takut terhadap tindakan medis lainnya. Kondisi ini menyebabkan jantung mereka berdebar dan panik saat menunggu giliran pemeriksaan dokter, atau saat berpikir tentang tindakan medis yang akan dilakukan padanya.

Kondisi ini umumnya dialami oleh anak-anak. Meski demikian, kondisi ini dapat dialami oleh orang dewasa dengan rasa takut yang sama. Lantas, bagaimana langkah mengatasi trypanophobia?

19. Fobia | Buliran.com

Begini Cara Mengatasi Trypanophobia yang Dialami

Seperti yang telah dijelaskan di awal, gejala fobia takut jarum suntik ini muncul ketika seseorang berhadapan langsung dengan hal-hal yang berbau medis, terutama yang melibatkan jarum suntik. Sebelum perawatan medis dimulai, biasanya akan muncul sejumlah gejala takut jarum suntik, seperti pusing, cemas, keringat dingin, gelisah, bahkan pingsan.

Gejala yang muncul tersebut akan memicu penurunan tekanan darah dan detak jantung yang meningkat menjelang prosedur medis dilakukan. Rasa takutnya perlahan akan mereda saat pengidap sudah melalui proses pengobatan yang melibatkan jarum. Lakukan beberapa langkah berikut ini guna mengatasi trypanophobia yang kamu alami.

1.Katakan pada Dokter

Baca Juga   Perolehan Medali Olimpiade Tokyo 2020 : China Masih di Puncak, Indonesia di Posisi 35