Waspada, Bisa Jadi Petaka Kala Ban Lepas Tiba-tiba!

Avatar Of Teddy Chaniago
3.1 Ban | Buliran.com

 BEBERAPA waktu lalu, ada kejadian viral di sosial media, dimana pada video yang berdurasi 1 menit 18 detik memperlihatkan ban pada mobil berjenis MPV tiba-tiba lepas di ruas jalan tol. Peristiwa yang terjadi pada 25 November 2020 tersebut diperkirakan tidak sampai menelan korban jiwa, namun tetap membahayakan diri sendiri dan tentunya banyak orang di sekitarnya.

Beruntung, pada saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas dengan kecepatan tinggi sehingga dapat menghindar dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas tol tersebut. Sebelumnya, masih di tahun 2020 tepatnya di bulan Juni tanggal 1, terjadi peristiwa dimana ban truk trailer lepas dan menewaskan pejalan kaki disekitarnya. Kejadian yang menelan nyawa tersebut terjadi di Sidoarjo, Jawa Timur. Lalu melihat peristiwa tersebut, apa saja yang harus diperhatikan agar ban tidak lepas tiba-tiba di jalan? Berikut penjelasannya.

3. Ban | Buliran.com

Apabila terjadi peristiwa ban mobil lepas di jalan tiba-tiba, berarti kemungkinan besar disebabkan karena mur dan baut pada gading-gading roda lupa dipasang dengan kencang. Bahkan perlu diketahui, jika ada salah satu baut yang lepas atau kendur maka ada kemungkinan baut yang lain pun memiliki kondisi yang sama.

“Kalau satu terlepas itu kemungkinan besar yang lainnya juga longgar, jarang sekali kalau ada satu yang lepas maka yang lainnya masih kencang itu jarang terjadi. Kalau lupa (mengencangkan) satu berarti lupa semuanya,” ujar Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna.

Baca Juga   Deretan Mobil Terlambat di Dunia