Sering Nyasar Gegara Aplikasi Google Maps ? Begini Solusinya

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Google | Buliran.com

Selanjutnya tap tombol Calibrate compass di bagian pojok kiri bawah layar. Gerakan HP Anda dengan membentuk pola angka delapan (8) atau simbol tak terhingga (∞).

Tap Done jika akurasi kompas sudah meningkat. Baiknya proses kalibrasi ini dilakukan secara rutin. Bisa 1 minggu atau 2 minggu sekali agar akurasi Google Maps Anda tetap terjaga ketika dibutuhkan.

2. Aktifkan Selalu Mode Akurasi Tinggi di Smartphone

Tanpa disadari, terkadang kita pernah mengganti mode ke akurasi lokasi yang lebih rendah dan lupa mengembalikannya lagi ke mode akurasi tinggi. Misalkan saja ketika ingin menghemat baterai atau kuota internet.

Namun, apabila ingin mengetahui lokasi dengan akurat, pastikan untuk mengaktifkan mode akurasi tinggi. Caranya, pergi ke menu Settings Android, lalu pilih Location. Lalu pilih Mode dan pastikan Anda menggunakan mode High Accuracy.

Mode ini memang lebih boros baterai dan kuota karena akan menggunakan seluruh komponen yang tersedia untuk menentukan lokasi Anda secara akurat.

3. Hubungkan ke WiFi Lokal Bila Tersedia

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau WiFi bisa tahu lokasi Anda meski fitur GPS di HP tidak diaktifkan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap router WiFi memiliki alamat IP yang merepresentasikan lokasinya secara spesifik.

Jangkauan WiFi yang terbatas justru menandakan bahwa perangkat apapun yang terhubung dengan suatu jaringan WiFi maka tidak berada jauh darinya.

Baca Juga   Coba Segera, Ini 10 Game Bola Terbaik di Android