Universitas Bengkulu Peringkat Delapan Kategori Perguruan Tinggi Menuju Informatif

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Unib | Buliran.com

“Terlepas dari itu semua, keberhasilan ini merupakan bukti bahwa UNIB memiliki komitmen yang kuat dalam hal keterbukaan informasi publik. Dulu kita Cukup Informatif, lalu dua tahun ini naik jadi Menuju Informatif. Ke depan, tentu masih banyak hal yang harus kita tingkatkan sehingga mampu meraih kategori tertinggi yaitu Perguruan Tinggi Informatif dalam penganugerahan KIP,” ujarnya.

di ruang rapat pimpinan UNIB dihadiri Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB yang juga Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Yefriza, Ph.D, Wakil Ketua PPID yang juga Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Ir. Akhmad Nezar, Wakil Ketua II PPID UNIB Dr. Yarjohan, serta para Kabag dan Kasubbag yang membidangi hal terkait.

Dalam laporannya, Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana, menjelaskan pada tahun 2021 Komisi Informasi melakukan monitoring dan evaluasi kepada seluruh Badan Publik yang berjumlah 337 Badan Publik, hal ini mengalami penurunan jumlah dibanding tahun 2020 yang berjumlah 348 Badan Publik.

Hal ini dikarenakan adanya pembubaran atau penggabungan kelembagaan antara beberapa BUMN yang tahun 2020 terdapat 107 BP menjadi 101 BP, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian tahun 2020 terdapat 45 BP menjadi 41 BP pada 2021, serta Lembaga Non Struktural tahun 2020 terdapat 34 menjadi 33 BP pada 2021.

Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 tertuang dalam Keputusan Komisi Informasi Pusat Nomor 10/KEP/X/2021. Untuk kualifikasi Badan Publik Perguruan Tinggi, sebanyak 21 BP yang meraih kategori Informatif, 15 BP kategori Menuju Informatif, 13 BP kategori Cukup Informatif, 12 BP Kurang Informatif, dan 24 BP Tidak Informatif.

Baca Juga   Jangan Gagap Guys, Ini Sejumlah Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia