Profil Kota Depok

Avatar Of Teddy Chaniago
9.2 Depok | Buliran.com

KOTA DEPOK adalah sebuah daerah tingkat dua yang berada di ujung selatan ibu kota Jakarta. Mulai menjalankan pemerintahan dalam bentuk Kota Administratif pada tahun 1982 di bawah kepemimpinan Mochammad Rukasah Suradimadja hingga masa pemerintahan Badrul Kamal di tahun  1999.

Kota Depok akhirnya menjadi Kota mandiri lepas dari bayang-bayang Kabupaten Bogor sebagai daerah induk pada tahun 2000 dengan walikota pertamanya Badrul Kamal. Saat ini, tongkat kepemimpinan Kota Depok sebenarnya sudah berganti lima kali, namun pasca Badrul Kamal, baik Nur Mahmudi dan Mohammad Idris mendapat amanahg dari warga Kota Belimbing itu untuk menjadi kepala daerah dua periode berturut-turut.

9.4 Depok | Buliran.com

Berbicara tentang Kota Depok, tentunya tak bicara zaman sekarang saja. Nun jauh sebelumnya di era Hindia Belanda, Depok sempat memiliki pemerintahan sipil yang disebut Gemeente Bestuur. Dalam bahasa Belanda, Kota Depok saat itu disebut Gemeente Depok.

Pejabat presiden pertama, G. Jonathan yang memulai karier sebagai pegawai penjual tiket di Stasion Depok. Atas ketekunannya, ia diangkat menjadi pegawai administrasi stasion (stationsklerk). Kemudian dipromosikan menjadi petugas Stasion Tjilieboet. Terakhir dirinya menjabat sebagai Kepala Stasion Depok dan pensiun pada tahun 1905. Berikut merupakan daftar Presiden Republik Depok.

  • Gerrit Jonathans(14 Januari 1913–1921)
  • Martinus Laurens (1921–1930)
  • Leonardus Leander (1930–1949)
  • Johannes Matijs Jonathans (1949–4 Agustus 1952)

Jabatan presiden dalam hal ini bukan sebagai kepala negara, melainkan kepala pemerintahan sipil. Presiden yang dimaksud adalah pendiri Depok Lama, yang merupakan cikal bakal berdirinya Kota Depok.

Baca Juga   Profil Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta