US$ 12 Triliun Dihabiskan Dunia untuk Perangi Corona

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Bbc | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA  – Pandemi Covid-19 telah memporak porandakan perekonomian banyak negara, termasuk Indonesia. Semuanya mengeluarkan banyak uang untuk memerangi virus mematikan itu. Bahkan dunia sudah menghabiskan dana sekitar US$ 12 triliun.

“Total stimulus fiskal global pada tahun 2020 yang dilakukan oleh seluruh negara di dunia mencapai US$ 12 triliun. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan kesehatan, tapi juga konsekuensi pada implikasi sosial dan ekonomi dari covid ini,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sebuah webinar Selasa (26/10).

Saat ini perekonomian secara global, kata dia juga mulai berangsur pulih, meskipun belum merata di seluruh negara di dunia.

13. Corona | Buliran.com

“Banyak negara masih berjuang dengan varian baru, serta akses vaksin yang tidak berkontribusi dengan baik,” ujar Sri Mulyani lagi.

Selain pandemi Covid-19, seluruh negara di dunia saat ini juga tengah menghadapi tantangan lain yakni perubahan iklim atau climate change. Seluruh negara, diklaim Sri Mulyani tidak bisa ditangani sendiri oleh masing-masing negara.

Pada saat yang sama, dunia juga saat ini tengah melihat adanya distrubsi dari teknologi digital, yang telah membentuk keuntungan namun di satu sisi juga telah merusak ekonomi riil dan ekonomi keuangan.

“Itu lah sebabnya perekonomian global paling menantang untuk menghadapi situasi saat ini yang tidak memiliki yurisdiksi dalam hal implikasinya,” ujarnya.

Baca Juga   Hanya Lima Ronde, Chino Renggut Sabuk WBC