Lembar Saham: Pengertian, Cara Menghitung Harga, dan Laba

Avatar Of Teddy Chaniago
Lembar Saham

SAHAM atau pasar modal merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok untuk dijajal saat ini. Dengan pemahaman serta analisis fundamental dan teknikal yang baik, maka investasi saham bisa memberikan cuan alias keuntungan yang menarik.

Saham sendiri adalah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Pemilik saham pun punya hak untuk mendapat dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki, misalnya berapa lembar saham yang dimiliki.

Nah, jika pengertian saham sudah dipahami, sebagian dari kita masih belum paham apa itu lembar saham. Kenapa sih saham dibagi per lembar? Ini penjelasannya secara rinci untuk kamu.

Apa itu lembar saham?

Secara sederhana, lembar saham adalah satuan kepemilikan saham berdasarkan nilai modal dan porsi kepemilikan terhadap keseluruhan modal awal. Memang agak ribet menjelaskan pengertian lembar saham ke dalam definisi yang mudah dipahami. Namun, ada cara lain untuk memahami pengertiannya ini. Mari pakai contoh kasus.

Misalnya, kamu dan dua orang teman kamu ingin membuat sebuah usaha patungan dalam bentuk perseroan terbatas (PT). Modal awal yang dibutuhkan untuk membangun PT adalah Rp5 miliar. Dari angka itu, kamu menyetorkan modal awal Rp3 miliar, sementara teman kamu menyetorkan masing-masing Rp1 miliar dan Rp1 miliar.

16.1 Saham | Buliran.com

Dengan kondisi tersebut, maka bisa disimpulkan porsi kepemilikan saham perusahaan masing-masing:

Kamu memiliki porsi 60 persen, dari Rp3 miliar/Rp5 miliar.
Sedangkan kedua teman kamu masing-masing memiliki porsi 20 persen, dari Rp1 miliar/Rp 5 miliar
Kemudian kita memahami bahwa nilai kapitalisasi dari perusahaan di atas adalah Rp5 miliar. Kemudian kita bicara mengenai nominal per lembar saham. Hal ini bergantung pada kesepakatan seluruh pemilik modal. Misalnya, dalam kasus di atas, seluruh pemilik modal sepakat bahwa harga per lembar saham adalah Rp5.000 per lembar.

Baca Juga   Dinaf 4 Bunga Tanjung, Hadir untuk Kemaslahatan Negeri