Anda Pemula? Ingin Belajar Trading Saham Online? Begini Caranya

Avatar Of Teddy Chaniago
Belajar Trading Saham Online

BELAKANGAN ini bisnis saham, menjadi bisnis yang mulai banyak digandrungi. Tak hanya mereka dengan latar belakang pebisnis atau pengusaha, bahkan tak sedikit generasi milenial yang tertarik bergabung didalamnya sebagai pialang saham.

Namun, tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan trading saham? Trading saham adalah kegiatan jual beli saham dengan tujuan dapat keuntungan dari selisih harga beli awal dengan harga jual. Keuntungan ini di dunia pasar modal disebut capital gain.

Trading saham berbeda dari investasi saham. Dalam investasi saham, seorang investor akan lebih memilih membeli saham dan menahannya untuk jangka waktu yang lama. Artinya, transaksi saham seorang investor tidak relatif singkat seperti seorang trader.

Belajar Trading Saham Online

Kenapa investor lebih memilih hold sahamnya ketimbang jual cepat saat harga saham naik? Ini disebabkan tujuan dan harapan investor mendapat keuntungan dari pembagian dividen, yaitu keuntungan perusahaan atau emiten yang biasanya dibagikan per kuartal, per semester, atau per tahun.

Kamu yang mau mulai terjun ke dunia pasar modal tentu harus tahu trading saham. Berikut ini ulasannya.

Panduan dan cara belajar trading saham untuk pemula

Tahapan yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang pemilik saham di pasar modal sangat mudah. Terdapat 3 langkah utama yang harus dilaksanakan, yaitu:

1. Membuka rekening

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memulai trading saham ialah memiliki rekening. Rekening tersebut bukan rekening tabungan biasa, melainkan rekening efek. Proses pembuatannya dapat dilakukan dengan mendatangi perusahaan sekuritas. Persiapkan syarat yang dibutuhkan, termasuk adalah fotokopi KTP, NPWP, buku tabungan, serta materai Rp6.000 sebanyak 2 lembar.

Baca Juga   Dinaf 4 Bunga Tanjung, Hadir untuk Kemaslahatan Negeri