Ganjar, Prabowo, Anies : Tiga Kandidat Capres Terkuat

Avatar Of Teddy Chaniago
12. Capres | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA – Sebagaimana pembicaraan hangat di tengah masyarakat, nama-nama kandidat Presiden di Pilpres 2024, tak akan pernah jauh dari nama Prabowo, Anies dan Ganjar. Hal ini ternyata diperkuat dari hasil survei Poltracking Indonesia tentang Capres 2024.

Lembaga ini mencatat, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dengan angka 22,9 persen dalam simulasi 15 nama.

Di posisi berikutnya, menyusul nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan elektabilitas 20 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 13,5 persen.

“Sudah terlihat mulai ada kecenderungan menguatnya tiga nama capres, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam rilis survei, Senin, 25 Oktober 2021.

Hanta sebelumnya membeberkan ada empat jalur atau eskalator calon presiden 2024. Pertama, jalur kepala daerah, khususnya gubernur di Pulau Jawa. Ini terlihat dari selalu munculnya nama para gubernur di Pulau Jawa dalam bursa survei calon presiden, seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, hingga Khofifah Indar Parawansa.

Kedua, jalur ketua umum partai atau tokoh-tokoh penting di partai politik. Ketiga, jalur pejabat pemerintah atau anggota kabinet. Sedangkan jalur yang keempat adalah militer atau purnawirawan militer.

Meski begitu, dari pemetaan Poltracking, Hanta mengatakan kemungkinan hanya ada tiga eskalator menjadi Capres 2024. Ketiga eskalator itu ialah kepala daerah, ketua umum partai, dan anggota kabinet. “Dengan temuan survei ini terlihat kemungkinan potensial hanya tiga jalur saja,” kata Hanta.

Baca Juga   Ballon D'Or Ketujuh dalam Dekapan Messi