Bahaya Kelaparan Ancam 22 Juta Warga Afghanistan

Avatar Of Teddy Chaniago
13.1 Afghanistanb | Buliran.com

BuliranNews, KABUL – Rasa empati dari dunia internasional, saat ini sangat dibutuhkan warga Afghanistan. Sebab, dari laporan WFP diketahui, lebih dari 22 juta warga Afghanistan akan menderita akibat kekurangan pangan pada musim dingin. PBB memperingatkan negara yang sudah tidak stabil itu akan menghadapi salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

“Musim dingin ini, jutaan warga Afghanistan akan dipaksa untuk memilih antara migrasi dan kelaparan kecuali kita dapat meningkatkan bantuan penyelamatan,” kata David Beasley selaku Direktur Eksekutif WFP dikutip dari AFP, Senin (25/10).

13. Afghanistan | Buliran.com

Krisis pangan di Afghanistan bahkan dikatakan sudah dalam skala lebih besar daripada yang dihadapi Yaman atau Suriah. Situasi itu juga lebih buruk daripada keadaan darurat kerawanan pangan di Republik Demokratik Kongo.

“Afghanistan sekarang berada di antara krisis kemanusiaan terburuk di dunia, jika bukan yang terburuk, dan ketahanan pangan telah runtuh,” kata Beasley dalam sebuah pernyataan.

“Kita sedang menghitung mundur bencana dan jika kita tidak bertindak sekarang, kita akan menghadapi bencana total.”

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh WFP dan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), satu dari dua warga Afghanistan menghadapi “krisis” Fase 3 atau Fase 4 “darurat” kekurangan pangan.

Fase 4 adalah satu langkah di bawah kelaparan, dan Afghanistan diperkirakan akan menghadapi musim dingin terburuk dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga   Rp 18,6 Triliun, Uang Negara Disikat Koruptor Sepanjang 2020