Perlu Tahu, 10 Negara Ini Dihapus dari Peta Dunia

1. peta | Buliran.com

ADA sebanyak 195 negara yang terdapat pada peta dunia saat ini. Namun, nyatanya terdapat beberapa negara yang dihapus karena satu dan lain hal.

Peta dunia adalah peta yang berisikan seluruh wilayah, baik daratan maupun lautan yang ada di dunia ini. Seiring berkembangnya zaman, peta ini pun mengalami perubahan yang cukup signifikan. Banyak sekali wilayah dan bahkan negara yang dihapus dari peta sampai dengan saat ini.

12. dunia | Buliran.com

Penyebabnya sangatlah banyak, namun perubahan kepemerintahan serta dampak perang membuat sebagian negara yang dulunya ada di peta dunia harus hilang dan bahkan tidak diketahui oleh orang-orang yang hidup di generasi saat ini.

Setidaknya, ada 10 negara yang dihapuskan dari peta dunia hingga saat ini. Apa saja? Mari kita lihat bersama satu per satu di bawah ini!

Berikut Negara yang Dihapus dari Peta Dunia

1. Jerman Timur, 1949-1990

Didirikan dari sebagian negara Jerman yang dikendalikan Uni Soviet setelah Perang Dunia II, Jerman Timur mungkin paling dikenal karena Tembok Berlin dan kecenderungan untuk menembak orang yang berusaha menyeberang pembatas itu. Sekarang, hal tersebut tidak lagi berlaku dan menyebabkan pelakunya dijerat hukuman yang berat. Hal tersebut yang membuat negara ini dihapuskan dari peta dunia.

12. jerman tiomur | Buliran.com

Runtuhnya Tembok Berlin mengakhiri eksprimen gagal komunisme di Jerman Timur dan mereka diintegrasikan kembali ke dalam sisa Jerman pada 1990. Jerman Timur begitu jauh di belakang sisa Jerman secara ekonomis, maka reintegrasi dengan Jerman Barat hampir membuat bangkrut Jerman. Hari ini, bagaimanapun juga mereka telah berjuang bersama dengan baik melewati masa kritis.

2. Cekoslowakia, 1918-1992

Ditempa dari sisa-sisa Kekaisaran Austro- tua, selama keberadaannya singkatnya itu adalah salah satu dari beberapa Negara di Eropa yang mengelola untuk mempertahankan demokrasi sebelum Perang Dunia II. Bulan Maret 1939, negara ini telah diduduki sepenuhnya oleh Jerman dan lenyap dari peta. Kemudian diduduki oleh Soviet, yang mengubahnya menjadi sebuah negara satelit Uni Soviet sampai runtuhnya bangsa itu pada 1991.

Baca Juga   Daratan Indonesia Berbatas Langsung dengan 3 Negara Ini

12. cekoslovakia | Buliran.com

Pada saat itu, Cekoslowakia berusaha membangkitkan kembali negara demokrasi mereka. Namun, etnis Slavia di timur menuntut negara independen mereka hingga akhirnya kita mengenal Republik Ceko di barat, dan negara Slowakia di sebelah timurnya.

3. Ottoman Empire, 1299-1922

Salah satu kerajaan besar dalam sejarah, Kekaisaran Ottoman akhirnya terhenti di bulan November 1922, setelah megah berdiri lebih dari enam ratus tahun. Kekaisaran yang membentang dari Maroko hingga Teluk Persia, dari Sudan hingga jauh ke utara Hungaria ini mengalami kemunduran secara perlahan selama berabad-abad sampai dengan awal abad ke-20.

12. otoman empire | Buliran.com

Di tahun 1922 ketika Turki memenangkan perang kemerdekaan mereka, Kesultanan dihapuskan dan menciptakan negara Turki modern.

4. Yugoslavia, 1918-1992

Seperti Cekoslowakia, Yugoslavia adalah produk sampingan dari pecahnya Kekaisaran Austro-Hungaria pasca Perang Dunia I. Pada dasarnya, negara ini terdiri dari bagian-bagian dari Hungaria dan negara asli Serbia, sayangnya mereka tidak mengikuti contoh Cekoslowakia. Sebaliknya, Yugoslavia mempertahankan monarki yang otokratik sampai Nazi menginvasi negara itu pada 1941.

12. yugoslavia | Buliran.com

Dengan runtuhnya Nazi pada 1945, Yugoslavia entah bagaimana berhasil menghindari pendudukan Soviet tetapi tidak dengan Komunisme. Di bawah kediktatoran sosialis Marsekal Josip Tito, pemimpin tentara partisan selama Perang Dunia II, Yugoslavia tetap sebuah republik sosialis nonblok otoriter sampaid 1992, ketika ketegangan internal dan nasionalisme bersaing mengakibatkan perang saudara.

Negara ini kemudian terpecah menjadi enam negara yang lebih kecil (Slovenia, Kroasia, Bosnia, Serbia, Macedonia, dan Montenegro) membuatnya menjadi contoh baik apa yang terjadi ketika asimilasi budaya, etnis, dan agama gagal berkuasa.

5. Tibet, 1913-1951

Tibet telah ada selama lebih dari seribu tahun dan sejak 1913 dikelola menjadi sebuah negara yang merdeka. Di bawah pengawasan damai dari rantaian Dalai Lama, akhirnya negara ini diduduki Komunis pada 1951. Pasukan Mao telah mengakhiri Tibet sebagai bangsa yang berdaulat singkat.

12. Tibet | Buliran.com

Tibet semakin tegang pada 1950-an sampai negara tersebut akhirnya memberontak pada 1959 yang mengakibatkan aneksasi (pengambilan dengan paksa tanah (wilayah) orang (negara) lain untuk disatukan dengan tanah (negara) sendiri) China dan pembubaran pemerintah Tibet.

Baca Juga   7 Tugu nan Ikonik di Indonesia

Tibet selesai sebagai negara untuk selamanya dan China mengubahnya hanya menjadi wilayah, bukan lagi sebuah negara.

6. Austro-Hungaria, 1867-1918

Sementara semua negara yang menemukan diri mereka di pihak yang kalah setelah Perang Dunia Pertama menderita secara , dan kehilangan geografis untuk beberapa derajat, namun tidak lebih besar kehilangan dari Kekaisaran Austro-Hungaria.

12. austro hongaria | Buliran.com

Pembubaran kekaisaran besar ini menghasilkan negara modern Austria, Hungaria, Cekoslowakia, dan Yugoslavia, dengan bagian-bagian lainnya bergabung ke Italia, Polandia, dan Rumania.

Negara ini tidak memiliki identitas umum dan bahasa serta bukan rumah bagi kelompok-kelompok etnis dan keagamaan. Akibatnya, negara satu ini menderita versi skala besar dari apa yang diderita Yugoslavia yang terkoyak oleh semangat nasionalisme. Perbedaannya adalah bahwa Austro-Hungaria diukir oleh para pemenang dalam Perang Dunia I, sedangkan pembubaran Yugoslavia adalah internal dan spontan.

7. Selatan, 1955-1975

Pada 1954, seseorang merasa memiliki ide yang baik untuk membagi Vietnam menjadi dua, meninggalkan komunis di utara dan pseudo-demokrasi di bagian selatan. Seperti halnya dengan kedua Korea sebelumnya, demikian pula di Vietnam sehingga perang saudara antara dua Vietnam tak terhindarkan.

12. vietnam selatan | Buliran.com

Pada akhirnya, perang ini menyeret Serikat ke dalam konflik. Akibatnya, sejarah mencatat ini adalah perang yang paling menguras biaya dan tenaga bagi Amerika.

Akibat desakan dunia dan rakyatnya sendiri, Amerika akhirnya meninggalkan Vietnam Selatan berjuang sendiri pada 1973. Dua tahun kemudian, Vietnam Selatan mengakhiri perang saudara, selanjutnya mereka mengubah nama negara menjadi Saigon dengan Ho Chi Minh City sebagai ibu kota.

8. United Arab Republic, 1958-1971

Dalam upaya membawa kesatuan bangsa Arab, Presiden Mesir Gamel Abdel Nasser berpikir bahwa ide yang bagus untuk bersatu dengan tetangga jauhnya Suriah dalam aliansi yang efektif akan mengepung musuh bebuyutan mereka Israel, dan membuat mereka regional.

12. arab republik | Buliran.com

Menciptakan Republik Uni Arab adalah usaha yang tidak mudah sejak awal. Jarak yang terpisah beberapa ratus mil hampir mustahil menciptakan pemerintah pusat bersama, sementara Suriah dan Mesir tidak pernah cukup bisa setuju pada apa yang merupakan prioritas nasional.

Baca Juga   Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kandungan Pertamax dan Pertalite

Kematian Nasser pada 1970 adalah sebuah anti klimaks. Tanpa Presiden Mesir karismatik itu, aliansi menjadi rapuh bersama-sama, UAR dengan cepat dibubarkan. Mesir dan Suriah menjadi negara sendiri-sendiri kembali.

9. Sikkim, abad ke-8 Masehi-1975

Anda mungkin belum pernah mendengar negara ini. Rasanya sangat kecil peluang untuk Anda mengetahui negara Sikkim, sebidang tanah tersembunyi, terletak aman di Himalaya terhimpit India dan Tibet-China.

12. Sikkim | Buliran.com

Sikkim adalah negara monarki kecil yang berhasil bertahan hingga abad kedua puluh sebelum akhirnya menyadari bahwa tidak ada alasan yang sangat baik untuk menjadi mandiri. Kemudian mereka memutuskan untuk bergabung dengan India modern pada 1975.

10. Uni Republik Soviet Sosialis (Uni Soviet), 1922-1991

Uni Soviet adalah satu negara adidaya yang benar-benar menakutkan di planet ini sampai anti klimaks-nya pada tahun 1991. Selama tujuh dekade negara ini kokoh berdiri sebagai benteng Marxis Stalinisme. Uni Sovyet didirikan pada masa kacau setelah pecahnya Imperial Rusia pasca Perang Dunia I.

Uni Soviet berhasil mengalahkan Nazi ketika tidak ada orang yang berpikir bahwa Hitler bisa dihentikan, memperbudak Eropa Timur selama lebih dari empat puluh tahun, menghasut Perang Korea pada 1950, dan hampir masuk ke perang terbuka dengan atas Kuba pada 1962.

12. sovyet | Buliran.com

Tanda-tanda runtuhnya Uni Soviet sudah tampak pasca runtuhnya tembok Berlin pada 1989 yang diikuti oleh hancurnya komunisme di Eropa Timur. Uni Soviet pun terpecah menjadi tidak kurang dari lima belas negara berdaulat, menciptakan blok baru terbesar dari negara sejak pecahnya Austro- Hungaria Kekaisaran pada 1918.

Atlas selalu menjadi acuan setiap orang untuk memahami seluruh isi alam raya ini, daratan maupun lautan, dari negara hingga kota. Bahkan, bukan tidak mungkin ada negara lain yang akan dihapuskan dari peta seluruh dunia di kemudian hari.***