Sompil! Sederhana Namanya, Luar Biasa pedasnya

9.2 sompil | Buliran.com

SATU lagi hidangan khas Tulungagung daerah selatan. Makanan ini memang disukai masyarakat setempat. Namanya Sompil. Sesederhana namanya, khas Tulungagung ini pun sederhana dengan pincuk daun pisang sebagai piringnya.

Terdiri dari irisan lontong, sayur bung atau sayur rebung, atau bisa juga menggunakan sayu bersantan seperti sayur kacang, tahu, sayur nangka muda dan sambal kacang. Ditambah urap-urap yang pedas, dan bubuk kedelai. Meski sederhana, Sompil memiliki cita rasa yang luar biasa.

9. 1 sompil | Buliran.com

Kuliner ini juga terkenal akan kepedasannya. Jadi buat orang yang baru saja mencoba sebaiknya minta dalam porsi sedikit, sebab rasa pedas yang sangat membuat lidah mendapat kejutan. Bagi masyarakat setempat hidangan ini memang paling banyak disantap saat siang hari. Sajiannya dibungkus dengan daun pisang, bersama tempe goreng atau gablok.

9.3 sompil | Buliran.com

Sajian khas Sompil ini telah ada sejak puluhan tahun lalu. Di Tulungagung akan mudah menemukan sompil ini. Banyak sekali penjual yang berdagang menjajakan Sompil, mulai dari di pinggir jalan membuka warung, di pasar, hingga yang dijajakan keliling.

Salah satu warung Sompil terkenal sejak 10 tahun lalu adalah yang terletak di depan ‘Rumah Ahli Nujum' yang dulunya cukup terkenal di Tulungagung. Anda pun dapat menikmati Sompil dengan membelinya di Pasar Senggol, yakni pasar yang buka setiap hari, dan tentunya ramai pada hari minggu.

9. sompil | Buliran.com

Pasar Senggol beralamat di Desa Bangoan, Kecamatan kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Di Pasar Senggol, Anda akan banyak menemukan penjual Sompil yang menjajakan dagangannya. Harga per porsinya: Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-. Selamat mencoba..!

Baca Juga   Gulai Korma, Sensasi Kuliner Khas Ranahminang