Ban Mobil Anda Terjebak di Pasir atau Lumpur? Begini Cara Mengatasinya

  • Share

KETIKA sedang berkunjung ke daerah pantai atau hutan menggunakan mobil untuk membantu korban bencana alam, sering kali area parkir yang tersedia tidak beralaskan benda padat, melainkan pasir atau lumpur.

Hal ini dapat menimbulkan resiko yang cukup merepotkan, yaitu roda kendaraan terjebak saat mobil digerakkan. Meloloskan ban mobil yang terjebak di pasir atau lumpur kadang-kadang dapat menjadi sangat sulit lantaran ban terbenam cukup dalam.

Kadang, dibutuhkan bantuan alat yang dapat mendongkrak mobil dan membantu ban mendapatkan daya cengkramnya. Untuk itu, berikut ini mungkin dapat menjadi referensi bagi Anda ketika ban mobil terjebak di pasir atau lumpur.

1. Gas perlahan

Ketika seperempat bagian dari ban Anda sudah masuk ke dalam pasir atau lumpur, jangan paksakan untuk menginjak gas dalam-dalam, apalagi jika mobil Anda berpenggerak dua roda. Bukannya terbebas, ban mobil malah akan terjebak lebih dalam di pasir.

Langkah yang harus dilakukan adalah cek permukaan pasir atau lumpur, apakah permukaannya memiliki kepadatan atau tidak. Lalu, gas mobil Anda secara perlahan. Jika terjadi selip, lepaskan kaki Anda dari pedal gas.

2. Ganjal ban dengan batu atau kayu

Langkah berikutnya, coba ganjal ban mobil Anda dengan batu atau kayu untuk membantu ban mendapatkan daya cengkram. Caranya, letakkan batu atau kayu tersebut pada bagian roda penggerak sebagai landasan.

Jika mobil Anda berpenggerak roda belakang, letakkan batu atau kayu tersebut pada bagian roda belakang. Sebaliknya, jika mobil berpenggerak roda depan, posisikan batu atau kayu di bagian roda depan.

3. Kurangi tekanan angin ban

Apabila ban mobil Anda masih belum mendapatkan traksi yang cukup, coba kurangi tekanan anginnya sekitar 20 sampai 25 persen. Misalnya, ban mobil bertekanan 35 Psi (Pounds per Square Inch), Anda dapat mengurangi tekanan anginnya sekitar 7 sampai 8 Psi.

Baca Juga   Ternyata Banyak Juga Mobil Jepang dengan Spesifikasi Jempolan Gagal di Pasar, Ini Daftarnya

Trik ini berguna agar ban mobil lebih menapak ketika Anda sedang berusaha keluar saat terjebak di pasir atau lumpur.

4. Ikat ban dengan tali dan kayu

Selain itu, ada trik lain yang dapat membantu Anda jika terjebak di pasir atau lumpur, yaitu dengan mengikat ban mobil Anda dengan tali dan kayu. Pertama, carilah kayu yang agak tebal dan kuat dengan panjang secukupnya, sekitar 50 sentimeter.

Lalu, ikatkan kayu tersebut ke ban mobil. Pastikan ikatan yang Anda buat cukup kuat untuk menahan kayu tetap berada di ban. Setelah selesai, saatnya Anda menginjak pedal gas. Namun hati-hati, jangan langsung menginjak gas terlalu dalam, perlu ada jeda agar ikatan kayu tetap terjaga.

5. Tarik menggunakan mobil lain

Cara terakhir ini mau tidak mau harus dilakukan jika ban mobil Anda sudah terjebak lebih dalam. Lebih baik, jangan memaksakan untuk menekan pedal gas mobil jika ban sudah sulit berputar karena dapat mengganggu komponen-komponen di dalamnya.

Segera meminta bantuan kepada mobil lain atau bila perlu hubungi tim khusus yang memang bertugas untuk menangani masalah tersebut.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda ketika sedang menjalankan tugas di daerah-daerah yang sulit terjangkau, khususnya bagi Anda yang sedang bertugas membantu masyarakat Palu yang baru-baru ini terkena musibah gempa bumi dan tsunami. ***

 

  • Share