Pinisi, Sejarah Kehebatan Pelaut Nusantara

16. pinisi | Buliran.com

INDONESIA merupakan terbesar dan juga termasuk sebagai salah satu bangsa yang memiliki tradisi kelautan yang kuat. Salah satu bukti nyata adalah yang dipercaya sudah ada sejak tahun 1500-an. Kapal pinisi ini juga merupakan identitas bagi bangsa Indonesia sebagai yang unggul.

Banyak sekali catatan sejarah yang mengulas tentang kapal pinisi ini. Salah satunya adalah Serat Babad La Galigo yaitu merupakan salah satu dokumen sejarah terpanjang di dunia.

16.1 pinisi | Buliran.com

Catatan ini menyebutkan bahwa kapal pinisi pertama dibuat oleh Sawerigading seorang putra mahkota Kerajaan Luwu untuk berlayar menuju negeri Tiongkok. Tujuan utamanya hendak dan meminang seorang putri Tiongkok bernama We Cudai.

Sayangnya dalam perjalanan pulang ke Luwu, kapal ini harus berhadapan dengan badai dan pecah menjadi tiga bagian yang menyebar ke daerah Ara, Tanah Lemo serta Bira.

Tiga daerah ini dipercaya sebagai cikal bakal kelahiran Kapal Pinisi karena di tiga tempat tersebut pecahan kapal Sawerigading dirakit kembali menjadi kapal baru yang saat ini disebut sebagai kapal pinisi.

Penamaan kapal pinisi ini masih menjadi misteri sampai sekarang. Ada yang menyebutkan bahwa pinisi adalah nama dari tiang kapal. Namun, ada yang menyebutkan bahwa nama pinisi adalah nama seorang pelaut yang merancang bentuk kapal pinisi.

Tradisi dan Ritual Pembuatan Kapal Pinisi

Mungkin kalian mengira bahwa pembuatan kapal ini dapat selesai dengan cepat seperti kapal modern saat ini? Padahal pembuatan kapal pinisi sangat memakan waktu, bahkan bisa mencapai berbulan-bulan atau bertahun-tahun tergantung dari ukuran kapal pinisi yang diinginkan. Hingga saat ini pembuatan kapal pinisi masih menggunakan cara tradisional dengan ritual kuno.

Baca Juga   Ilmu Sihir 6 Suku Ini Paling Ditakuti di Dunia

16.2 pinisi | Buliran.com

Pertama, bahan kapal dicari pada hari baik dan dilakukan pencarian pohon Jati dan Pohon meranti yang kayunya digunakan sebagai bahan pembuatan kapal. Sebelum pohon ditebang, ada doa dan ritual pemotongan seekor ayam yang bertujuan untuk mengusir roh jahat dari pohon serta untuk keselamatan kapal. Kayu yang dipilih harus berkualitas tinggi, jadi nggak heran apabila biaya pembuatan kapal pinisi tersebut begitu mahal.

16.3. pinisi | Buliran.com

Setelah itu masih dilakukan peletakan pondasi yang harus dihadapkan ke arah timur laut. Proses pembuatan pinisi sebagian besar dilakukan secara manual, jadi membutuhkan waktu yang sangat lama. Ketika sudah selesai, kapal pinisi biasanya digunakan untuk melaut, berdagang atau untuk mencari .

Namun, saat ini kapal pinisi digunakan sebagai mewah untuk berlibur dan menjadi simbol kebanggan bagi pemiliknya. Ada hal unik dari kapal pinisi ini, tujuh tiang yang dibuat pada kapal tersebut memiliki arti bahwa Indonesia mampu menaklukkan tujuh samudra besar yang ada di dunia.

16.4 pinisi | Buliran.com

Dari kapal pinisi dapat membuktikan bahwa masih menjaga erat tradisi leluhur dan sebagai bukti bahwa Indonesia adalah bangsa maritim yang kuat. Bagaimana tanggapan kalian tentang kapal pinisi ini? ***