Pinisi, Sejarah Kehebatan Pelaut Nusantara

Avatar Of Teddy Chaniago
16. Pinisi | Buliran.com

Mungkin kalian mengira bahwa pembuatan kapal ini dapat selesai dengan cepat seperti kapal modern saat ini? Padahal pembuatan kapal pinisi sangat memakan waktu, bahkan bisa mencapai berbulan-bulan atau bertahun-tahun tergantung dari ukuran kapal pinisi yang diinginkan. Hingga saat ini pembuatan kapal pinisi masih menggunakan cara tradisional dengan ritual kuno.

16.2 Pinisi | Buliran.com

Pertama, bahan kapal dicari pada hari baik dan dilakukan pencarian pohon Jati dan Pohon meranti yang kayunya digunakan sebagai bahan pembuatan kapal. Sebelum pohon ditebang, ada doa dan ritual pemotongan seekor ayam yang bertujuan untuk mengusir roh jahat dari pohon serta untuk keselamatan kapal. Kayu yang dipilih harus berkualitas tinggi, jadi nggak heran apabila biaya pembuatan kapal pinisi tersebut begitu mahal.

16.3. Pinisi | Buliran.com

Setelah itu masih dilakukan peletakan pondasi yang harus dihadapkan ke arah timur laut. Proses pembuatan pinisi sebagian besar dilakukan secara manual, jadi membutuhkan waktu yang sangat lama. Ketika sudah selesai, kapal pinisi biasanya digunakan untuk melaut, berdagang atau untuk mencari ikan.

Namun, saat ini kapal pinisi digunakan sebagai kapal pesiar mewah untuk berlibur dan menjadi simbol kebanggan bagi pemiliknya. Ada hal unik dari kapal pinisi ini, tujuh tiang yang dibuat pada kapal tersebut memiliki arti bahwa Indonesia mampu menaklukkan tujuh samudra besar yang ada di dunia.

16.4 Pinisi | Buliran.com

Dari kapal pinisi dapat membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih menjaga erat tradisi leluhur dan sebagai bukti bahwa Indonesia adalah bangsa maritim yang kuat. Bagaimana tanggapan kalian tentang kapal pinisi ini? ***

Baca Juga   Bangsa Maritim Terhebat Sepanjang Sejarah