Pinisi, Sejarah Kehebatan Pelaut Nusantara

Avatar Of Teddy Chaniago
16. Pinisi | Buliran.com

INDONESIA merupakan negara kepulauan terbesar dan juga termasuk sebagai salah satu bangsa yang memiliki tradisi kelautan yang kuat. Salah satu bukti nyata adalah kapal pinisi yang dipercaya sudah ada sejak tahun 1500-an. Kapal pinisi ini juga merupakan identitas bagi bangsa Indonesia sebagai bangsa pelaut yang unggul.

Sejarah Kapal Pinisi

Banyak sekali catatan sejarah yang mengulas tentang kapal pinisi ini. Salah satunya adalah Serat Babad La Galigo yaitu merupakan salah satu dokumen sejarah terpanjang di dunia.

16.1 Pinisi | Buliran.com

Catatan ini menyebutkan bahwa kapal pinisi pertama dibuat oleh Sawerigading seorang putra mahkota Kerajaan Luwu untuk berlayar menuju negeri Tiongkok. Tujuan utamanya hendak merantau dan meminang seorang putri Tiongkok bernama We Cudai.

Sayangnya dalam perjalanan pulang ke Luwu, kapal ini harus berhadapan dengan badai dan pecah menjadi tiga bagian yang menyebar ke daerah Ara, Tanah Lemo serta Bira.

Tiga daerah ini dipercaya sebagai cikal bakal kelahiran Kapal Pinisi karena di tiga tempat tersebut pecahan kapal Sawerigading dirakit kembali menjadi kapal baru yang saat ini disebut sebagai kapal pinisi.

Penamaan kapal pinisi ini masih menjadi misteri sampai sekarang. Ada yang menyebutkan bahwa pinisi adalah nama dari tiang kapal. Namun, ada yang menyebutkan bahwa nama pinisi adalah nama seorang pelaut yang merancang bentuk kapal pinisi.

Tradisi dan Ritual Pembuatan Kapal Pinisi

Baca Juga   Anda Wajib Tahu Guys, Ini Daftar Negara di Dunia dan Ibu Kotanya