Coban Ciblungan, Air Terjun Unik Kebanggaan Kera Ngalam

  • Share

APAKAH kalian sudah menentukan pilihan wisata Kota Malang? Atau sedang memilih wisata yang bisa kalian kunjungi? Ternyata selain ke pantai Malang selatan, kalian juga bisa mempertimbangkan pergi ke sejumlah air terjun, salah satunya adalah Coban Ciblungan.

Coban Ciblungan adalah wisata air terjun yang ada di Purwoharjo, Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading.
Terdiri dari beberapa air terjun pendek yang berjejer rapi. Air terjun utama Ciblungan berasal dari sungai yang tepat berada di atasnya.

Sedangkan air terjun lain yang lebih rendah, muncul dari sumber air sekitar lokasi.sekilas air terjun ini mirip dengan Coban Sumber Pitu Tumpang. Selain berselimut rimbun hijau, tatanan batu-batu turut menyempurnakan eloknya.

Perpaduan air dari coban yang kecil dengan yang besar menjadi sebuah kolam air yang jernih namun tidak terlalu dalam. Karena airnya langsung mengalir ke sungai yang lokasinya berada setelah kolam air terjun.

Air Terjun Coban Ciblungan adalah tirta wisata yang masih sangat alami sehingga belum lengkap dengan fasilitas yang memadai. Untuk masalah konsumsi, kalian bisa saja mendapatkannya sekitar rumah-rumah warga. Namun ide terbaik sementara ini adalah membawa bekal sendiri.

Untuk tiket masuk ke Coban ini pun juga sangat murah, cukup membayar 5000 rupiah saja, sementara untuk parkir sepeda motor 5000 rupiah dan parkir mobil 10.000 rupiah.

Untuk rute menuju lokasi Coban Ciblungan dari pusat Kota Malang, objek wisata alam ini berjarak sekitar 65 kilometer atau membutuhkan perjalanan berkendara sekitar 2 jam.

Dari Malang lanjutkan perjalanan ke arah Turen dan Dampit. Kemudian ambil arah ke Tirtoyudo, terus ke Ampelgading sampai pada Purwoharjo (PLTA Ampelgading).

Ketika sampai wilayah Purwoharjo berarti sobat sudah dekat dengan perbatasan Malang – Lumajang. Sebelum gapura perbatasan, belok ke kanan dan temukan papan petunjuk arah ke Air Terjun Coban Ciblungan. Ikuti petunjuknya hingga tiba area parkir lalu berjalan kaki sebentar ke lokasi.

Baca Juga   Masalili, Pesona dari Ketinggian Muna

Nah, Coban Ciblungan bisa masuk daftar menghabiskan akhir pekan kalian bukan?***

  • Share