Guys Jangan Grogi, Begini Cara Pindah Gigi yang Benar pada Mobil Manual

  • Share

MELAKUKAN pemindahan transmisi atau gigi pada mobil manual cukup gampang-gampang susah. Kalau untuk pengemudi yang sudah terbiasa dengan mobil manual tentunya tidak menjadi masalah bahkan sudah di luar kepala.

Tetapi, bagaimana dengan pengemudi tidak terbiasa mengemudikan mobil manual. Tentunya ini juga bukan perkara yang mudah mengingat saat mengemudikan mobil matik, transmisi bisa berpindah secara otomatis.

Sedangkan saat mengemudikan mobil manual, pengemudi harus melakukan pemindahan transmisi secara manual. Untuk pemindahan transmisi, pengemudi harus menekan pedal kopling terlebih dahulu sebelum melakukan pemindahan transmisi.

Dalam proses ini pun harus dilakukan dengan benar, karena jika tidak pas maka akan terjadi beberapa kemungkinan.

Seperti perpindahan gigi yang terasa sulit atau bahkan saat melakukan pemindahan gigi akan terdengar suara “krak”. Ini menandakan bahwa perpindahan gigi belum dilakukan dengan benar.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menjelaskan, untuk melakukan perpindahan gigi sebaiknya dilakukan saat kopling benar-benar sudah terilis semua. Posisinya antara roda gila atau flywheel dengan cover clutch sudah bebas.

“Dalam kondisi ini putaran dari mesin sudah tidak menggerakkan gigi transmisi. Barulah bisa dilakukan pemindahan gigi percepatan,” kata Suparna.

Dengan perpindahan yang sesuai, Suparna mengatakan, transmisi akan bisa berganti secara lembut atau smooth. Hal ini salah satunya karena adanya sistem pemindah gigi sinkromes.

“Jadi saat akan melakukan pemindahan dengan tongkat transmisi, kita sudah melakukan pengereman putaran gigi transmisi. Sehingga tidak terjadi benturan, tapi kalau yang tidak benar akan terdengar bunyi “krak”,” ucapnya.

Suparna juga mengatakan, untuk pemindahan gigi mundur juga sebaiknya menunggu sebentar dulu dan tidak langsung melakukan pemindahan. Jika pemindahan terlalu cepat bisa tidak pas gigi transmisinya. Kondisi ini juga memunculkan bunyi pada gigi transmisi “krak”.

Baca Juga   Salip Avanza, Xpander Jadi Mobil Terlaris Juli 2021

“Kalau mundur dan kita dari bergerak maju sebaiknya tunggu dulu jangan langsung memindahkan, nanti terdengar bunyi,” tuturnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Didi mengatakan, untuk perpindahan gigi bisa mengikuti buku pedoman yang biasa jadi satu paket pembelian.

“Tapi saat melakukan perpindahan gigi mundur, sebaiknya menunggu sampai mobil benar-benar berhenti baru dilakukan pemindahan gigi,” katanya. ***

 

 

  • Share