Sikat Valencia 3-1, Barcelona Kembali Berdarah

  • Share

BuliranNews, CATALAN– Keraguan akan berakhirnya masa kejayaan Barcelona sedikit demi sedikit mulai pupus. Buktinya, saat menjamu Valencia pada jornada kesembilan La Liga, Senin (18/10) dini hari, Blaugrana menang dengan skor 3-1. Sempat tertinggal lebih dulu pada menit kelima laga, Blaugrana akhirnya menutup laga di Stadion Camp Nou itu dengan kemenangan, 3-1. Tiga gol balasan Blaugrana masing-masing dicetak Ansu Fati, Memphis Depay, dan Philippe Coutinho.

Kemenangan ini mengantarkan Barcelona naik dua peringkat di papan klasemen sementara. Dengan koleksi 15 poin dari delapan partai, Blaugrana menempati peringkat ketujuh setelah sempat tercecer di peringkat kesembilan.

Klub asal Katalan itu pun tinggal terpaut lima poin dari pemuncak klasemen sementara, Real Sociedad, dan dua poin dari Real Madrid, yang duduk di peringkat kedua. Publik Stadion Camp Nou dikejutkan dengan gol cepat Valencia di laga ini. Belum genap enam menit laga berjalan, Los Che sudah mampu unggul via gol Jose Gaya.

Berawal dari sepak pojok, kapten Valencia itu memanfaatkan bola rebound dengan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola pun bersarang di pojok kanan bawah gawang Barcelona. Kendati begitu, keunggulan Valencia ini hanya bertahan kurang dari 10 menit.

Pada menit ke-13, Blaugrana sukses menyamakan kedudukan. Adalah Ansu Fati yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Dalam kesempatan pertamanya tampil sebagai starter sejak absen lebih dari setahun akibat cedera, Fati langsung mampu mencetak gol.

Fati, yang melakukan umpan satu-dua dengan Depay, melepaskan tendangan melengkung dari sisi kanan kotak penalti Valencia. Bola pun meluncur deras ke pojok kiri bawah gawang Los Che, tanpa bisa dihalau penjaga gawang Jasper Cillesen.

Baca Juga   Lara Barca, Griezmann "Pulang" ke Atletico Madrid

Tidak berhenti sampai disitu, winger berusia 18 tahun itu juga memegang peranan penting dalam keberhasilan Barcelona untuk berbalik unggul. Aksi Ansu Fati di dalam kotak penalti terpaksa dihentikan oleh Mouchtar Diakhaby dengan tekel keras. Wasit pun langsung menunjuk titik putih.

Hadiah tendangan penalti Barcelona itu dieksekusi dengan sempurna oleh Depay. Penyerang asal Belanda itu sukses mengelabui Cillesen dengan mengarahkan bola ke sebelah kanan gawang Valencia. Cillesen yang sudah salah dalam menebak arah tendangan Depay hanya mematung di tengah gawang.

Pada babak kedua, Valencia mencoba untuk bisa bangkit. Peluang emas didapatkan Los Che pada menit ke-52. Namun, peluang itu belum berbuah menjadi gol penyeimbang kedudukan. Sepakan Carlos Soler membentur mistar gawang Barca. Tidak lama berselang, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, melakukan pergantian pemain pertama di laga ini. Ansu Fati ditarik keluar dan digantikan oleh Philippe Coutinho.

Keputusan ini ternyata menjadi keputusan yang tepat. Eks gelandang serang Liverpool itu menegaskan keunggulan Barca lewat gol pada menit ke-85. Coutinho dengan mudah menaklukan Cillesen tepat di depan mulut gawang Valencia. Terlepas dari keberhasilan Coutinho mencatatkan namanya di papan skor, gol ini berawal dari kecerdikan Sergino Dest.

Di tengah kepungan para pemain bertahan Valencia, bek sayap asal Amerika Serikat masih mampu melihat celah dan melepaskan operan ke Coutinho, yang tidak terkawal. Gol Coutinho ini sekaligus menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak kedua dan mengunci raihan tiga poin buat klub asal Katalan tersebut.

Tidak hanya mengubah posisi Barcelona di papan klasemen, kemenangan ini menantarkan Blaugrana kembali ke jalur kemenangan setelah dibekap Atletico Madrid di laga terakhir La Liga, dua pekan lalu.

Baca Juga   Rahmad Darmawan Resmi Tukangi RANS Cilegon FC

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3) Pelatih: Ronald Koeman Kiper: Marc-Andre ter Stegen; Belakang; Sergino Dest, Gerard Pique, Eric Garcia, Jordi Alba; Tengah: Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Gavi; Depan: Sergi Roberto, Ansu Fati, Memphis Depay.

Valencia (4-4-2) Pelatih: Jose Bordalas Kiper: Jasper Cillessen; Belakang: Dimitri Foulquier, Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya; Tengah: Carlos Soler, Daniel Wass, Hugo Guillamon, Hugo Duro; Depan: Maxi Gomez, Goncalo Guedes. (*/rpl)

  • Share