Tren Menurun Penjualan Mobil, Duo Terios Tak Terjual Selama September

  • Share

BuliranNews, JAKARTA – Entah pasar yang sudah jenuh entah peminat yang telah kabur. Dua mobil keluaran Daihatsu yaitu All New Terios Tipe X MT dan All New Terios R mengalami masalah serius dalam penjualannya di bulan September 2021.

Jika di bulan Agustus, All New Terios Tipe X MT terjual sebanyak 441 unit sementara All New Terios R terjual sebanyak 226 unit. Selama September, kedua kendaraan tersebut tak ada yang melirik alias nol penjualan sama sekali.

Meskipun ada insentif PPnBM DTP (Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah) yang dikucurkan untuk menggairahkan industri otomotif Indonesia, namun masih ada saja mobil yang mencatatkan penurunan penjualan bahkan tidak terjual sama sekali.

Tak hanya Terios, hal serupa juga menimpa saudaranya Daihatsu Rocky 1.2 X MT. Jika di bulkan Agustus total penjualan mencapai 547 unit, di bulan September hanya terjual 2 unit mobil saja.

Mobil dengan branding Toyota, pun t6ak kalah mirisnya. Toyota All New Rush 1.5 TRD Sportivo dan All New Rush 1.5 TRD Sportivo A/T juga masih masih terjual belasan unit 16 dan 18 unit, turun 98% jika dibanding penjualan bulan sebelumnya yang mencapai 884 unit dan 633 unit.

Turunnya penjualan tipe ini cukup mengejutkan melihat mereka adalah mobil paling banyak dijual kedua dan ketiga sepanjang 2021 dan memiliki pangsa pasar 3,9% dan 3,0% dari total mobil nasional.

Tidak berhenti di situ, Honda Brio RS juga turun 82% hanya terjual 135 unit dari 769 unit pada bulan sebelumnya. Xpander Cross 1.5 L Premium (4×2) A/T, Honda HRV E+, Honda City HB RS, dan Xpander Cross 1.5 L (4×2) A/T juga terpantau turun penjualannya dengan kisaran 45% – 55% pada bulan September ini.

Baca Juga   Pilihan Andal di 110cc hingga 250cc, Ini 15 Motor Matic Terbaik 2021

Meski belum diketahui secara pastiu penyebab lesunya pasar dari merek di atas, namun sepertinya ada beberapa faktor penyebab penurunan penjualan, mulai dari mobil sudah terlalu tua, muncul tipe baru, hingga kalah bersaing dengan pendatang baru. (*/mij)

  • Share