Usai Dipermak Argentina, Uruguay Digunduli Brasil 4-1

Avatar Of Teddy Chaniago
12. Brasil | Buliran.com

BuliranNews, MANAUS – Derita Uruguay di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (CONMEBOL) nampaknya belum berakhir. Baru pekan lalu, mereka dipermalukan Argentina dengan skor mencolok 3-0, kembali Luis Suarez Cs menanggung malu. Kali ini mereka digunduli Brasil dengan skor 4-1.

Bertanding di depan penduykung sendiri di Arena da Amazonia, Manaus pada Jumat (15/10), Brasil berhasil menunjukkan kesuperiorannya. 4 gol Neymar Cs, hanya berbalas satu gol dari kubu Uruguay.

Dua gol tuan rumah dicetak Raphinha, sedangkan dua lainnya diciptakan oleh Neymar dan Gabriel Barbosa. Uruguay cuma bisa memperkecil ketertinggalan lewat gol Luis Suarez.

Brasil bermain menyerang sejak menit pertama dan pada sukses membuka keunggulan pada menit ke-11. Fred memberikan umpan lambung melewati pertahanan Uruguay yang diterima Neymar sebelum mengecoh dua pemain dan melepaskan sepakan ke gawang kosong Fernando Muslera. Skor 1-0 untuk tim Selecao.

Delapan menit berselang, Brasil menambah keunggulan lewat gol Raphinha setelah memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Neymar yang diblok kiper lawan. Keunggulan menjadi 2-0.

Rodrigo Bentancur sempat mengancam gawang Brasil. Namun, hingga babak pertama usai skor 2-0 masih bertahan. Selepas jeda istirahat, Uruguay sempat mencetak gol melalui Edinson Cavani pada menit ke-56. Namun, gol tersebut tidak dianulir wasit karena sang pemain sudah dalam posisi offside.

Pada menit ke-58, Brasil justru mencetak gol ketiga melalui sepakan Raphinha ke tiang jauh setelah menerima umpan dari Neymar dari situasi serangan balik. Skor menjadi 3-0.

Uruguay akhirnya bisa memperkecil selisih angka pada menit ke-77. Luis Suarez berhasil menjebol gawang Brasil kawalan Ederson lewat tendangan bebas hingga membuat skor menjadi 3-1.

Baca Juga   Tiga Tim Teratas Liga 1 Berlaga di Champions Asia & Piala AFC 2023

Delapan menit kemudian, Brasil membalas melalui gol keempat mereka lewat sundulan Gabriel Barbosa setelah menerima umpan Neymar. Keunggulan tuan rumah menjadi 4-1.

Tak ada gol tambahan bagi kedua tim dan laga berakhir dengan kemenangan Brasil 4-1. Hasil ini semakin mengokohkan Brasil di puncak klasemen dengan koleksi 31 poin dari 11 pertandingan. Sementara itu, Uruguay menempati peringkat lima dengan poin 16 dari 12 laga.

Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Ederson; Alex Sandro, Thiago Silva, Lucas Verissimo, Emerson; Lucas Paqueta (Antony 62′), Fred (Edenilson 88′), Fabinho (Douglas Luiz 72′), Raphinha (Everton Ribeiro 72′); Neymar Jr, Gabriel Jesus (Gabriel Barbosa 62’).

Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera; Nahitan Nandez (Martin Caceres 46′), Sebastian Coates, Diego Godin, Matias Vina (Joaquin Piquerez 46′); Federico Valverde, Matias Vecino (Facundo Torres 66′), Rodrigo Bentancur (Fernando Gorriaran 71′), Nicolas De La Cruz (Lucas Torreira 46′); Luis Suarez, Edinson Cavani. (*/rep)