Lezatnya Ifu Mie Siram dari Binjai

  • Share

IFU MIE Binjai tidak kalah istimewa. Dilihat secara kasat mata, makanan ini mirip tumisan sayur. Soalnya makanan ini lebih dominan pada bahan makanan yang berbentuk sayur-sayuran. Ada tauge, tomat, sawi hijau, daun bawang, dan lainnya.

Akan tetapi, ifu mie siram Binjai ini dimasak dengan cara seperti membuat cap cai.

“Yang buat beda itu ifu mienya. Kalau cap cai kan hanya sayur-sayuran.Tapi ini pakai ifu mie. Hampir serupa kayak kita kalau merebus mie instan pakai sayur sama telur, tapi yang membedakan bumbunya,” kata Fitri, seorang penggemar Ifu Mie Binjai.

Rasa dari masakan ini cukup segar, ditambah kaya gizi akibat dari sayur mayur yang terkandung di dalamnya. Butiran-butiran telur bisa dijumpai di setiap celahnya, karena pada saat memasaknya ifu mie siram binjai ini diampur dengan telur.

Namun yang membuat sajian ini punya sensasi berbeda adalah pada kuahnya. Bumbunya tercampur sempurna, hingga menimbulkan rasa enak. Terasa manisnya, asinnya, ada sedikit rasa asamnya, dan lagi-lagi ada sedikit rasa pedas.

“Orang Medan kan suka dengan yang pedas, makanya makanan yang kita buat ada rasa pedasnya tapi tidak terlalu pedas. Apalagi lidah orang Medan itu sensitif, makanya bumbunya harus pas, harus tercampur sempurna,” tuturnya lagi.

Menu ini, tambahnya, bukanlah masakan khas Kota Binjai tapi hanya sekedar namanya saja. Fitri tidak terlalu mengetahui apa alasan hingga makanan ini dinamakan begitu, namun yang jelas menu ini tidak bisa dijumpai di warung-warung kebanyakan.

Kata dia, untuk harga bisa bersaing. Meski menu yang disajikan di Dapur Permata Ayam Penyet ini terbilang unik dan berbeda dari yang lain namun biaya yang dikenakan untuk setiap makanannya bisa terjangkau.

Baca Juga   Jalabia, Cucurnya Orang Bekasi

“Harga standarlah, nggak mahal kok. Jadi siapa pun bisa makan di sini dengan nyaman, nggak perlu mikir harus ngabisin duit berapa. Rasa makanan kita juga enak-enak, jadi konsumen dapat untung lebih. Bisa makan enak, harga murah,” ucapnya.

Dengan ragam masakan tradisional yang bisa dipadupadankan dengan menu lainnya membuat dunia kuliner di Kota Medan kian semarak. Ini menjadi keuntungan sendiri bagi para pemburu makanan yang ingin menikmati makanan enak dengan harga yang murah. ***

  • Share