Cara Menambah Memori Internal di Smartphone

  • Share

RATA-RATA kini semua orang mengandalkan ponsel pintarnya untuk menyimpan dan mengerjakan berbagai hal. Tak lupa pula mengisi ponsel mereka dengan berbagai aplikasi hiburan seperti gim, sosial media, maupun aplikasi pencari jodoh.

Namun, sayangnya memori internal ponsel masih banyak yang terbatas untuk penyimpanan. Padahal menginstal berbagai aplikasi akan membuat memori penuh dan menyebabkan ponsel menjadi lemot dan eror apabila dipaksakan.

Oleh sebab itu beberapa orang mencari cara menambah memori internal untuk menyediakan memori lebih. Berikut cara menambah memori internal di smartphone Anda:

Menambah Kartu Memori MicroSD atau SD Card

Namun perlu diingat, cara ini kami rekomendasikan khusus bagi pengguna Android 9 Pie.

1.Cara pertama yang dapat Anda lakukan, adalah dengan memasukkan memori microSD ke dalam slot di smartphone. Lalu, saat muncul notifikasi SD Card, klik “set up”.

2. Pilih penyimpanan internal versi lama. Caranya, buka Settings -> klik Storage -> Lalu tap pilihan Card atau kartu -> Klik tombol menu -> Selanjutnya, pilih pengaturan penyimpanan -> Klik format as internal.

3. Berikutnya, Klik format SD card atau erase and format. Cara ini dapat menghapus kartu kamu.

4. Apabila Anda memiliki smartphone versi Android 9 Pie, kamu dapat memindahkan aplikasi ke SD Card. Caranya, tekan move content untuk memindahkan dokumen sampai selesai.

Sekadar informasi, fitur ini kerap disebut adoptable storage di mana kartu yang tersimpan dalam smartphone akan menjadi memori internal permanen.

Jangan khawatir, kartu memori microSD bisa dienskripsi sehingga keamanannya terjamin.

Menggunakan Aplikasi Gom Saver

GOM Saver merupakan aplikasi pertama dan masih satu-satunya yang berfokus untuk menghemat banyak ruang penyimpanan memori. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang terbiasa menggunakan ponsel menjadi alat pendukung pekerjaan.

Baca Juga   Guys, Ini Dia 10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Tahun 2021

Sehingga Anda tidak perlu repot untuk sesering mungkin menghapus file. Berikut caranya:

Mula-mula unduh aplikasi gom saver, aplikasi ini tersedia di google play store bagi pengguna android
Kemudian instal aplikasi ini di ponsel Anda, dan sebelum Anda menggunakan aplikasi ini, gunakan memori internal ponsel sampai penuh
Pilih ikon list yang berada di sudut kiri bawah dan pilih ikon video.
Kemudian pilih ‘save’, maka video sudah tersimpan di gom saver,
Selanjutnya beralih ke ikon galeri yang masih ada di dalam ikon list, sekarang giliran menyimpan foto, pilih ikon galeri dan klik save.
Maka foto juga telah tersimpan.
Kini foto dan video sudah berpindah di penyimpanan gom saver
Dengan menggunakan aplikasi gom saver, Anda bisa menghemat aplikasi ini hingga 75%.

Bersihkan Sampah Memori Internal yang Tidak Disadari

Sampah di ponsel terkadang tidak terlihat saat Anda membuka galeri Anda. Namun apabila Anda membuka file manager, maka akan terlihat banyak file sampah, .thumbnails yang menyebabkan memori ponsel Anda membengkak tanpa disadari.

Cara menambah memori internal dengan menghapus berkas sampah yang paling mudah jika dilakukan melalui komputer. Di komputer Anda akan bisa melihat semua file sampah, bahkan folder penyimpanan file yang pernah anda “kirim” di Whatsapp yang tidak akan terhapus jika Anda tidak menghapusnya secara berkala.

Menambah Aplikasi Cloud Storage di Ponsel Anda

Aplikasi cloud storage merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyimpan data berbasis online. Aplikasi ini sudah banyak tersedia di playstore. Kelebihan menggunakan aplikasi ini, jika sewaktu-waktu ponsel Anda error maupun hilang, Anda masih bisa mengakses file Anda di mana pun termasuk melalui komputer karena Anda memiliki akun untuk masuk di aplikasi tersebut.

Baca Juga   Bawa Pengisian Cepat 100W, Huawei Nova 9 Series Lolos Sertifikasi 3C

Kekurangannya yang paling kentara adalah Anda harus mengunggah file ke internet dan hal itu membutuhkan koneksi internet. Dan apabila Anda membutuhkan menyimpan file yang amat besar, supaya tidak boros, sebaiknya menggunakan jaringan wifi.

Demikian cara menambah memori internal supaya Anda bisa menyimpan lebih banyak data di dalam ponsel Anda tanpa menyebabkan ponsel menjadi lemot.***

  • Share