Berburu Pesona Pulau Temajo

  • Share

SETELAH hampir dua tahun beraktfitas di rumah dikarenakan pandemi Covid-19, kini tiba gilirannmu untuk melepaskan kepenatan dan rasa bosan.

Berpergian ke tempat-tempat wisata adalah satu diantara solusinya dan Pulau Temajo Mempawah sangat cocok masuk dalam daftar pertama menikmati liburanmu.

Pulau Temajo Mempawah menyajikan wisata bahari yang sangat alami dan memiliki keindahan pesona yang tak lekang oleh waktu.

Untuk menuju ke Pulau Temajo Mempawah, ada dua pilihan. Kamu dapat menggunakan kapal nelayan yang berada di Sungai Kunyit Mempawah atau di Rest Area Penibung.

Dermaga di kampung nelayan Sungai Kunyit berada sekitar 2,5 jam dari ibu kota Kalimantan Barat, Kota Pontianak.

Kamu bisa menggunakan mobil ataupun sepeda motor untuk menuju ke Sungai Kunyit, bersama teman – teman maupun keluarga.

Setibanya di Dermaga Penyeberangan Sungai Kunyit yang letaknya juga tidak jauh dari Pelabuhan Internasional Kijing, kamu bisa menyewa kapal nelayan untuk menuju Pulau Temajo.

Tarif penyewaan kapal nelayan yang kapasitasnya 12 penumpang sekitar Rp600.000,00/kapal untuk Pergi Pulang (PP).

Carilah kapal nelayan yang menyediakan jaket pelampung sebagai salah satu standar keselamatan. Sehingga kamu akan merasa lebih nyaman dan tenang selama perjalanan di laut.

Sembari menikmati perjalanan dengan kapal nelayan menuju Pulau Temajo, kamu juga bisa mengabadikan momen-momen di dalam kapal maupun memotret pemandangan laut.

Deretan pohon-pohon Mangrove, ikan tembakol di lumpur pantai dan burung-burung pantai akan turut melepas kepergian kapal nelayan yang kamu tumpangi.

Pulau Temajo hanya berjarak 4 Km dari daratan (Sungai Kunyit) sehinga cukup 45-50 menit sudah sampai di pulau. Kamu akan disuguhkan pemandangan pulau yang memesona dengan suasana alam yang asri.

Baca Juga   Cidomo, Andong Khas dari Pulau Lombok

Keberadaan pohon-pohon, hewan-hewan yang masih terjaga dengan bongkahan batu-batu alam di beberapa bagian tepi pantai Pulau Temajo Mempawah.

Dermaga warna-warni menjadi akses untuk membawa pengunjung serta barang-barang pengunjung ke daratan. Satu di antara tempat menginap yang menyediakan fasilitas lengkap di Pulau Temajo Mempawah yakni Villa Permata Temajo Sunset Beach yang berada di sisi Selatan pulau ini.

Menurut Pemilik Villa Permata Termajo Sunset Beach, Aries Sanjaya, villa tesebut sudah dibangunnya sejak 30 tahun lalu. Dengan luas kawasan 30 hektar di sisi Selatan dan 20 hektar di sisi Timur.

“Awalnya hanya sebuah rumah untuk saya dan keluarga istirahat kalau mancing di Pulau Temajo. Tapi lama kelamaan, banyak kawan-kawan yang ramai datang ke sini. Akhirnya saya bangunlah villa ini,” ceritanya.

Ada dua bangunan vila yang besar, satu bagian menghadap pantai dan lainnya menghadap ke sisi kolam renang.

Dilengkapi 3 tempat tidur (double dan single bed), kipas angin, lampu ruangan, kamar mandi serta peralatan masak.

“Kita ada menyediakan paket-paket wisata bagi para pengunjung dengan fasilitas yang memadai. Ada paket vila lengkap dengan makan dan paket per kamar saja,” tambah Aries.

Pada halaman vila, terdapat mushola, kolam renang (dalam perbaikan) serta gazebo-gazebo untuk bersantai menikmati suasana pantai bersama teman mapun keluarga.

Terdapat juga spot-spot shower di berbagai titik, sehingga membuat pengunjung mudah untuk membersihkan badan usai beraktifitas di pantai. Jangan khawatir, di sini airnya dari gunung dan mengalir terus 24 jam.

Uniknya lagi, posisi Vila Permata ini sangat strategis. Karena kamu akan dapat melihat pemandangan alam yang memesona.

“Kalian bisa menikmati Sunrise di Timur dan Sunset di Barat dengan view yang jelas. Bisa dari sini (depan vila maupun gazebo atas),” jelasnya.

Baca Juga   Mak Nyos, Palai Rinuak nan Merindu

Kelangkapan lainnya, kamu juga bisa menghabiskan waktu liburanmu di Pulau Temajo dengan bermain Jet Ski (tergantung ketersediaan operator), kano, speedboat, mancing, dan hiking menyusuri bukit di belakang vila.

“Alhamdulillah, kami menyedikan fasilitas safety, seperti jaket pelampung. Juga anak-anak akan bebas bermain dengan aman di pantai kerena bagian depan vila, pantainya cukup dangkal yang dikelilingi batu-batu,” paparnya.

Berjalanlah naik ke atas bukit tepat dibelakang vila, terdapat gazebo (top view place). Kamu benar-benar dapat menikmati keindahan pesona Pulau Temajo Mempawah dengan frame yang sempurna.

Menikmati keindahan pesona Pulau Temajo Mempawah, kurang lengkap jika kamu tidak menyusuri bibir pantai dan berenang sembari menikmati sunrise maupun sunset.

Ajaklah teman-temanmu atau keluargamu, berjalan di tepi pantai. Kamu bisa bermain bola, mencari umang-umang, kerang, atau pun bermain pasir.

Pantainya luas dengan pasir yang halus. Seakan pulau ini menjadi pulau pribadi. Sepi tanpa hiruk pikuk keramaian, damai dan tenang.

Perlu dicatat ya, kamu harus siapkan perbekalan makanan yang cukup, jika kamu tidak menggunakan paket vila+makanan.

Sebaiknya kamu juga siapkan kartu seluler yang bisa di gunakan di sana seperti XL, karena sinyalnya lebih jelas.

Yang paling penting siapkan kameramu dengan full baterai untuk mengabadikan momen-momen tersebut, sehingga liburanmu akan semakin berkesan.

Sekarang siapkan tasmu dan kontak teman-temanmu untuk menikmati liburanmu, tapi tetap dengan memakai protokol kesehatan seperti masker serta menjaga kesehatan.***

  • Share