Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

  • Share

BuliranNews, BURIRAM – Prestasi membanggakan ditorehkan oleh Timnas Indonesia. Dimana tim kebanggaan masyarakat Indonesia ini berhak lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah membungkam Taiwan dengan skor 3 – 0 pada pertandingan leg kedua playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Senin (11/10) malam.

Dengan hasil 3 – 0 pada pertandingan leg kedua yang berlangsung di Change Stadium Buriram, Thailand itu, ditambah hasil 2 – 1 untuk kemenangan Indonesia pada leg pertama pada 7 Oktober lalu, maka secara keseluruhan Timnas Indonesia menang 5-1 atas Taiwan dan berhak lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Tiga gol tanpa balas berhasil diraih Timnas Indonesia pada laga Leg 2 kontra Taiwan. Terima kasih Garuda atas perjuanganmu. Semangat berjuang tatap Kualifikasi Piala Asia 2023!” cuitan akun Twitter @PSSI pada Senin 11 Oktober 2021.

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Egy Maulana pada menit ke-27′, Ricky Kambuaya menit ke-54′, dan Witan Sulaeman menit ke-90’+3.

“Alhamdulillah kami bersyukur dan senang dapat lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Dari seluruh pemain, kami telah bekerja keras bersama dan mendapatkan kemenangan dua kali melawan Taiwan. Ke depannya kami ingin lebih dan ini adalah langkah awal buat kami” kata Egy Maulana dikutip Portalpekalongan.com dari Pssi.org pada Selasa 12 Oktober 2021.

Egy mengungkapkan, pada laga leg kedua ini dia dan rekan-rekannya dalam Skuad Garuga sudah menjalankan semua instruksi dari tim pelatih untuk mengikuti taktik yang diinginkan mereka.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pecinta dan pendukung Timnas Indonesia yang telah memberikan doa dan dukungan kepada kami. Nantinya kami ingin melangkah lebih jauh alias tidak hanya bermain di kualifikasi, namun lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendatang,” harap pemain asal klub FK Senica tersebut.

Baca Juga   Teknologi akan Jadi "Pekerja Utama" di 2025

Pada pertandingan ini, gol Egy sangat berkesan karena merupakan gol pertama dirinya bersama Timnas Indonesia.

“Terkait gol saya tidak terlalu masalah siapa yang mencetak, yang penting adalah tim meraih kemenangan. Karena kemenangan merupakan kerja keras satu tim bukan individu pemain,” tukas Egy.

Sementara itu pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku puas dengan kemenangan dua kali atas Taiwan. Ia pun mengapresiasi kerja keras anak asuhnya sepanjang pertandingan.

“Sangat senang dengan hasil ini karena para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan. Jadi, untuk ke depannya kalau ada kemauan makin tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti akan lebih berkembang,” kata Shin Tae-yong.

Arsitek berusia 52 tahun tersebut menambahkan bahwa meski menang tetap ada koreksi untuk anak asuhnya. Ia melihat sektor pertahanan harus lebih stabil lagi.

“Meski hari ini kami mampu mencetak tiga gol, namun harus ditingkatkan lagi permainan dan kualitas golnya,” imbuhnya.

SUSUNAN PEMAIN

Indonesia (4-1-2-3): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam Bahar, Ryuji Utomo Prabowo, Victor Chukwuekezie, Pratama Arhan Alif Rifai; Rachmat Irianto; Evan Dimas Darmono (Syahrian Abimanyu 74’), Ricky Kambuaya (I Kadek Agung 90+1′); Egy Maulana Vikri (Ramai Melvin Rumakiek 74’), Dedik Setiawan (Kushedya Hari Yudo 90+1) , Adam Alis Setyano (Witan Sulaeman 46’).

Pelatih: Shin Tae-yong

Taiwan (5-2-2-1): Shih Shinan; Cheng Hao, Chen Ting Yang, Hsieh Peng Lung (Hsu Heng-Pin 90′), Lin Cheng-yi, Liang Meng Hsin; Wu Yen-shu (Lee Hsiang-wei 73’), Wu Chun Ching (Hsu Yi 90′); Emilio Estevez, Li Mao (Lin Chang-Lun 71’); Lin Ming-wei Ko Yu-Ting (61’).

Pelatih: Hsien-chung Yeh

Babak Kualifikasi Piala Asia 2023 akan digelar mulai tahun 2022. Ajang tersebut akan diikuti 24 tim dan dibagi enam grup. Setiap grup diisi empat tim dengan rencana format kandang dan tandang. Juara grup dan lima runner up trbaik akan mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga   11.915 WNA Telah Tinggalkan Indonesia Sejak 1 Juli 2021

“Setelah ini timnas Indonesia akan mengikuti Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia, kami harap pemain untuk terus meningkatkan performa. Pemain juga harus fokus dan maksimal bermain di kompetisi liga. Kalau performa pemain terus membaik, secara taktik pun bisa meningkat, tentu Timnas Indonesia akan menjadi tim yang lebih baik lagi dari sekarang,” ungkap pelatih asal Korea Selatan itu. (*/gus)

  • Share