Ganti Ban Motor Sendiri? Siapa Takut, Begini Tekniknya!

  • Share

SALAH satu hal yang harus diperhatikan dalam merawat ban motor adalah pada saat penggantian ban. Jika ban motor Anda sudah tidak ada lekungan alias “rata”, terutama pada bagian tengah ban, itu tandanya sudah saatnya mengganti dengan ban motor baru.

Pada umumnya, penggantian ban motor bagian depan dilakukan jika sudah menempuh 12.000 km. Sedangkan ban belakang menempuh 10.000 km.

Cara Ganti Ban Motor

Persiapkan Peralatan

Sebelum melakukan penggantian ban motor, sebaiknya persiapkan peralatan yang akan digunakan untuk melakukan penggantian ban, yaitu sebagai berikut :

  • Ban motor dengan ukuran yang sama dengan velg bawaan motor Anda.
  • Kunci ring, ukuran standar untuk kunci ring adalah 14, 17, 19 dan 22.
  • Sendok ban, digunakan untuk melepas ban luar.
  • Pentil.
  • Pompa udara, jika sudah terpasang, pompa ban sesuai tekanan yang disarankan.
  • Tang.

Melepas Ban Luar

Cara pertama ganti ban motor tentu saja dengan melepas ban luar. Sebelum melakukannya, sebaiknya ubah posisi standar motor menggunakan standar tengah.

Hal ini untuk memudahkan dalam memutar posisi ban yang akan diganti. Lepaskan baut pada ban luar dengan menggunakan kunci 14 dan kunci 19.

Setelah berhasil melepas ban luar, longgarkan baut pada velg ban menggunakan kunci berukuran 12. Kuras habis semua udara pada ban tersebut menggunakan kunci pentil. Lepaskan ban luar dengan menggunakan sendok ban yang sudah disiapkan.

Mengeluarkan Ban Dalam

Langkah berikutnya yaitu mengeluarkan ban dalam terlebih dahulu kemudian mengeluarkan ban luar. Pada tahap ini sebaiknya dilakukan sambil membersihkan velg dari karatan agar velg tetap awet.

Pasang Ban Baru

Cara ganti ban motor selanjutnya adalah memasang ban baru. Dalam langkah ini lakukan sesuai rotasi yang disarankan yang tertulis pada ban.

Baca Juga   Suzuki Landy dan Nissan Serena, Apa Saja Bedanya?

Pastikan arah rotasinya tidak terbalik. Agar pemasangan ban baru lebih sempurna, lumasi velg dengan air sabun.

Selain itu, pastikan ban dalam tidak terjepit oleh sendok ban. Ban dalam akan mengalami resiko robek jika tersangkut velg atau sendok ban. Jadi, hati-hati saat memasang ban baru!

Pompa Ban

Langkah terakhir ganti ban motor adalah dengan mengisi ban dengan angin. Isilah angin pada ban sesuai dengan standar tekanan angin yang telah disesuaikan berdasarkan ukuran ban motor.

Setelah dirasa tekanan angin yang diberikan sudah cukup, langkah selanjutnya adalah memasang kembali ban pada motor Anda.

Namun sebelum itu, ada baiknya untuk membersihkan bagian-bagian pada sekitar ban luar yang dirasa kotor. Terutama membersihkan bagian kanvas rem.

Hal ini bisa mengakibatkan rem berbunyi saat digunakan. Sebelum mengakhiri pemasangan ban, sebaiknya periksa kembali semua baut yang ada di sekitar ban. Jangan sampai ada baut yang tertinggal atau masih kendor.

Itulah teknik singkat ganti ban motor yang bisa Anda coba sendiri. Tidak perlu repot mencari tambal ban jika bisa Anda lakukan sendiri.***

 

  • Share