Es Lontrong Khas Slawi yang Legendaris

  • Share

DAERAH Slawi di Kota Tegal terkenal dengan minuman teh pocinya. Tapi ada minuman khas lainnya yang berbeda, malahan tidak ada bahan campuran teh yang wangi.

Bagi Anda yang pernah ke Slawi, pasti penduduk setempat bercerita kalau ada pedagang es lontrong asli Slawi. Percaya deh, minuman segar ini mampu melepaskan dahaga ketika tenggorokan kering sekali.

Es lontrong Slawi cuma ada di satu tempat saja, karena di kota lain Anda belum tentu dapat menikmati minuman dingin serupa. Segelas es lontrong berisi cincau hitam dan kacang hijau. Lalu, di atasnya diberikan es serut hingga gelas penuh.

Sebelum disajikan, sebagai pemanisnya minuman ini disiram air santan asli dan sirup pandan berwarna merah menggoda. Saat dinikmati, pasti rasanya dingin dan manis di mulut. Hmm… Enak!

Bukan tanpa alasan minuman ini dinamakan es lontrong. Ternyata ada satu pedagang es asli Slawi yang menjualnya di lorong gang kecil bernama Gang Lontrong, tepat lokasinya berada di Kampung Budimulya.

Tempat minum es ini sangat legendaris dan dicari-cari banyak orang. Pasti saat bertandang ke jantung kota Tegal itu, pendatang tak pernah lupa mampir ke warung itu.

Kalau kebetulan Anda kangen ini minum es itu, bisa juga kok membuatnya di rumah. Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mungkin tak kalah nikmat jika diminum. Berikut bocoran resepnya agar tak penasaran

Bahan:

1 mangkuk kacang hijau yang sudah matang

1 mangkuk cincau hitam, potong dadu

1 mangkuk es batu, serut

1 gelas besar santan kelapa murni

1 gelas sirup pandan manis, sebagai pelengkap

Cara membuat:

1. Pertama-tama masak kacang hijau sampai empuk dan enak dimakan. Tipsnya rendam kacang hijau mentah dalam air semalaman. Atau beli kacang hijau instan yang langsung empuk saat dimasak.

Baca Juga   Es Santan Ketan Hitam Tanimbar, Minuman Legendaris dari Malang

2. Buat pula santan, didihkan dari parutan kelapa muda yang cenderung gurih.

3. Siapkan es batu, lalu serut dan dan letakkan dalam mangkuk. Lalu, siapkan cincau yang sudah dipotong dadu.

4. Setelah semua siap untuk dihidangkan, siapkan dulu gelas sajinya.

5. Masukkan kacang hijau sampai setengah gelas dan cincau hitamnya. Tambahkan es serut di atasnya hingga menutupi gelas.

6. Tuangkan santan dan sirupnya dengan warna merah menggoda. Sajikan es lontrong saat es serut masih utuh. Dijamin rasane wenak!***

  • Share