Surabi Durian, Amboi Enaknya

  • Share

SURABI adalah kue khas Jawa Barat yang sudah sangat terkenal terutama di daerah Bandung. tapi ternyata surabi tidak hanya ada di Bandung saja, di Sukabumi juga ada surabi yang memiliki rasa tidak kalah enaknya. makanan khas Sukabumi yang satu ini berbeda dari surabi yang berasal dari daerah lainnya karena salah satu bahan pembuatnya adalah durian.

Indonesia memiliki berbagai macam kuliner khas daerah yang unik dan menarik untuk dicoba. Biasanya kuliner tersebut jarang dijumpai di pasaran karena hanya dibuat di daerah asalnya saja.

Seperti kue surabi durian yang berasal dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini misalnya. Kue ini sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat karena memiliki cita rasa buah durian yang khas. Pecinta buah durian wajib coba kudapan yang satu ini, nih!

Bahan

100 gr tepung beras
1 sdm tepung terigu
25 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt yeast/fermipan
1/4 sdt baking soda
350 ml santan kental
daun pandan secukupnya
1/4 sdt garam
daun pisang secukupnya

Bahan taburan ( opsional)

keju
durian

Cara Membuat

Langkah yang pertama, siapkan semua bahan, kemudian kocok telur hingga rata. Selanjutnya, tambahkan tepung terigu, lalu aduk kembali hingga tercampur rata.

Berikutnya, tuangkan sedikit santan, lalu uleni hingga adonan tidak lengket. Kemudian, tuangkan semua santan, lalu masukkan tepung terigu, garam, dan esens durian. Aduk hingga rata, lalu diamkan adonan selama 30 menit.

Selanjutnya, panaskan cetakan kue, lalu olesi dengan sedikit minyak. Kemudian, tuangkan 1 sendok sayur adonan dan diamkan hingga adonan bergelembung. Setelah itu, tutup wajan, lalu masak hingga matang.

Berikutnya, campurkan semua bahan kuah, kecuali daging buah durian. Kemudian masak hingga gula larut, lalu angkat dan saring. Setelah itu, masukkan daging buah durian, lalu rebus kembali hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah.

Baca Juga   Gurihnya Gulo Puan, Kudapan Bangsawan Palembang

Untuk penyajiannya, pertama siapkan piring saji, lalu letakkan surabi di atasnya. Langkah akhir, siram kue surabi dengan kuah durian. Kue surabi durian pun siap untuk disajikan.

Nah, itulah resep sederhana membuat kue surabi durian khas Sukabumi. Mudah, bukan? Yuk, buruan coba sendiri di rumah!***

 

  • Share