Tumpang Lethok Kuliner Tradisional Khas Klaten

  • Share

PULAU JAWA yang terkenal sebagai pulau terpadat penduduknya juga menyimpan rahasia berupa kuliner Nusantara yang super lezat, apalagi citarasa kampung halaman ditimbulkan karena pemakaian rempah sebagai bahan dasar pembuatan bumbunya.

Salah satunya di kota Klaten, Jawa Tengah juga ada hidangan yang bernama Nasi Tumpang Lethok. Kira kira udah pada tau sama si lezat satu ini belum guys ? Kalau belum yuk langsung kenalan aja !

Nasi tumpang lethok merupakan hidangan lezat khas Klaten, Jawa Tengah, berupa nasi putih, sayur, telur rebus, yang kemudian disiram dengan kuah sambal tumpang atau sambal lethok yang terbuat dari campuran tempe, cabai, santan, dan bumbu rempah lainnya.

Dalam seporsi nasi tumpang lethok yang dihargai 9000 rupiah terdapat sayuran daun papaya, daun jeruk, bayam, nangka muda, krecek, gudangan, dan tambahan koyor atau suwiran daging sapi. Bahkan ada juga varian istimewa dengan harga 15.000 rupiah terdapat tambahan ayam bakar/goreng, sambal welut, nila bakar/goreng, dan tahu bacem.

Nasi tumpang lethok banyak dijumpai di sepanjang Jalan Mayor Kusmanto hingga perlimaan Bramen saat pagi hari, karena pada dasarnya hidangan ini memang disantap sebagai menu sarapan yang mengenyangkan dan mengandung gizi tinggi untuk membangkitkan tenaga kalian sebelum beraktivitas.

Cara bikin sambel tumpang dan isian nasi lethok Klaten

Untuk membuat sambal lethok yang menjadi pencipta rasa ternyata gampang guys. Haluskan bumbu yang terdiri dari kencur, bawang merah, bawang putih, gula dan garam. Setelah itu, bumbu halus tersebut direbus bersama tempe, tahu, parutan kelapa, ketumbar bubuk, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas geprek. Jika sudah, tinggal koreksi rasa dan masak hingga airnya menyusut.

Sayuran yang akan disajikan nantinya harus direbus terlebih dahulu, terdiri dari daun papaya, nangka muda, bayam, kacang panjang, tauge, kemangi, dan kedelai bubuk. Potong sesuai seleran dan tata sayuran di atas piring.

Baca Juga   Oblok Tongki, Kuliner Khas di Timur Jakarta

Kemudian tambahkan irisan urat sapi, telur ayam rebus, dan tuang sambal lethok yang sudah dibuat tadi. Jangan lupa untuk disajikan bersama nasi putih panas. Dijamin rasanya nikmat, sayurannya yang terasa segar, dan aroma khas dari pemakaian rempah dalam sambal lethok. Jadi, pastikan kamu coba sarapan menu nasi tumpang lethok saat berkunjung ke kota Klaten ya. ***

  • Share