Kualitas Suara Pada Smartphone Android Kurang Bagus? Perbaiki dengan Cara Berikut

  • Share

TAK semua smartphone Android memiliki kualitas serta volume suara sebaik stereo. Hal ini tentunya membuat pengguna tak nyaman. Padahal, kualitas suara merupakan salah satu hal penting saat memilih smartphone.

Namun jangan khawatir, seperti dikutip dari Android Pit, ada beberapa cara untuk membantu kamu meningkatkan kualitas suara dan volume pada Android. Apa saja?

1. Lakukan Pengecekan Setting

Dengan pengecekan Setting, kamu bisa mengoptimalisasi pengalaman audio di smartphone Android. Sayangnya, tak semua tampilan antarmuka (user interface/UI) Android memiliki fungsi ini. Tetapi, jika perangkat kamu memilikinya, caranya cukup mudah.

Misalnya pada TouchWiz Samsung, kamu perlu memasang perangkat audio, misalnya earphone. Kemudian, masuk ke Setting dan tap Sound, selanjutnya pilih Audio Setting. Kamu pun bisa memiliki sejumlah pilihan untuk meningkatkan pengalaman audio.

Lain lagi dengan MIUI Xiaomi yang memiliki enhancer pada headphone-nya. Aktifkan enhancer tersebut, kemudian kamu bisa memilih antara in-ear atau headphone normal.

Sementara, UI Xperia memungkinkan kamu menggunakan pengaturan Clear Audio yang memiliki sebuah equalizer. Kemudian, masuk ke Setting, dengan Sense UI, kamu bisa mengaktifkan BoomSound yang bakal membuat suara lebih baik.

2. Install Aplikasi Musik

Kamu juga bisa meningkatkan kualitas suara pada smartphone Android dengan aplikasi yang memiliki opsi audio control. Misalnya, Poweramp atau Equalizer+. Kedua aplikasi ini memiliki serangkaian audio tweaks, preset, peningkatan fungsi bass, dan lain-lain.

Equalizer+ menyediakan EQ five-band. Sedangkan Poweramp menawarkan EQ 10-band untuk meningkatkan kualitas pengalaman suara.

3. Speaker

Mengetahui letak speaker pada smartphone mungkin hal yang sangat sederhana. Namun hal ini cukup penting. Kebanyakan ponsel memiliki twin speaker grills namun seringkali, hanya satu yang memproduksi suara.

Baca Juga   Oppo Reno 6, Manjakan Buliranlovers dengan Keunggulan Kamera

Nah, jika speaker kamu terhalangi maka kualitas suara yang dihasilkan jadi kurang bagus. Untuk itu, kamu perlu menguji darimana asal suara di smartphone.

Jika sudah tahu, asal suara misalnya dari depan, belakang, atau ujung bawah ponsel, kamu bisa memutuskan bagaimana menempatkan Android agar speakernya tidak tertutup oleh tangan atau benda-benda lainnya.

4. Casing Smartphone Halangi Speaker

Kebanyakan orang senang menggunakan pelindung atau casing ponsel untuk melindungi smartphone kesayangannya dari goresan. Namun, perlu diperhatikan apakah casing tersebut menutupi speaker?

Karenanya, sebelum membeli casing smartphone, pastikan untuk mengecek bagian speaker smartphone tidak terhalangi casing.

5. Pergunakan Headphone

Mungkin sudah banyak orang tahu bahwa suara yang dihasilkan speaker kadang tak begitu bagus. Karenanya, pilihlah untuk menggunakan headphone agar mengurangi bising dari speaker. ***

 

  • Share