Sirup Pokak, Si Segar Peningkat Imunitas

  • Share

DI TENGAH merebaknya pandemi corona di berbagai negara di dunia, salah satu imbauan yang disampaikan World Health Organization (WHO) ialah perlunya menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara itu, di Probolinggo, Jawa Timur ditemukan salah satu minuman khas yang bahan baku utamanya adalah empon-empon. Di Probolinggo sendiri, minuman ini dikenal dengan nama Sirup Pokak.

Masyarakat umum lebih mengenalnya dengan sebutan Wedang Pokak. Sirup Pokak atau Wedang Pokak ini terbukti memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh sebab terbuat dari sejumlah bahan alami seperti jahe dan cengkeh.

Sirup Pokak menjadi salah satu oleh-oleh khas Probolinggo. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Probolinggo sangat akrab dengan minuman ini.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Sirup Pokak antara lain jahe, gula merah, kayu manis, daun pandan, jeruk purut, dan cengkeh. Masyarakat Probolinggo biasanya menyeduh Sirup Pokak dengan air hangat.

Kandungan jahe yang menjadi bahan baku utama pembuatan Sirup Pokak membuat minuman ini punya khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Zat yang terkandung dalam jahe seperti curcumin dan gingerol inilah yang memiliki fungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain jahe, bahan-bahan lain yang terkandung dalam Sirup Pokak seperti daun pandan, jeruk purut, dan cengkeh juga menyumbang sejumlah khasiat. Mengonsumsi Sirup Pokak selain bisa meingkatkan daya tahan tubuh, juga bisa mengobati masuk angin, meredakan batuk, dan menurunkan tingkat kolesterol.

Ketenaran Sirup Pokak asli Probolinggo ini sudah menyebar ke seantero negeri. Di Probolinggo, minuman tradisional ini diproduksi dalam bentuk sirup.

Hal ini memudahkan orang-orang yang ingin mengonsumsi Sirup Pokak tapi tidak sempat membuatnya sendiri di rumah. Membeli Sirup Pokak khas Probolinggo bisa menjadi solusi instan yang menyehatkan.

Baca Juga   Minasarua, Minuman Sehat & Menyegarkan Masyarakat Bima

Sirup Pokak ini sangat mudah ditemukan hampir di setiap tempat wisata atau pusat oleh-oleh di Probolinggo. Pasalnya, Sirup Pokak memang telah menjadi oleh-oleh khas Probolinggo.

Keuntungan yang didapatkan dari Sirup Pokak ini adalah praktis. Ketika ingin mengonsumsi, kita hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat. Sama seperti ketika mengonsumsi sirup pada umumnya.

Bagi yang ingin mengonsumsi Wedang Pokak buatan sendiri, hal ini juga sangat mungkin dilakukan. Bahan-bahan untuk membuat Wedang Pokak bisa dengan mudah dijumpai di pasaran. Sebagaimana dikutip dari fimela.com, berikut ini bahan-bahan dan cara membuat Wedang Pokak ala rumahan. Resep ini berlaku untuk satu porsi alias satu cangkir Wedang Pokak.

Bahan-bahan:

2 batang serai, digeprak atau diiris
1 batang kayu manis
2 lembar daun pandan, iris menjadi beberapa bagian
2 buah kapulaga
3 buah cengkeh
1 buah pekak/bunga lawang
2 cm jahe, iris tipis
1/2 sdt merica
Air secukupnya

Cara Pembuatan:

Rebus semua bahan dengan air hingga mendidih.
Pastikan air yang direbus bersama bahan-bahan berwarna cokelat pekat seperti teh dan menguarkan bau harum.
Saring air dan bahan-bahan yang direbus ke dalam gelas.
Tambahkan gula secukupnya.
Wedang Pokak siap dinikmati.***

  • Share