Kuasai 77,3 Persen Pasar Sepeda Motor, Honda Dominan di Indonesia

  • Share

HONDA masih belum tergeser dari posisi teratas penjualan sepeda motor Tanah Air. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan sepeda motor baru di Indonesia sampai Agustus 2021 mencapai 3.296.793 unit. Torehan itu naik sekitar 48 persen dibandingkan Agustus tahun lalu saat pertama kali pandemi Covid-19 mewabah.

Dari total penjualan Januari sampai Agustus 2021, Astra Honda Motor (AHM) menjadi pemimpin pangsa pasar sampai 77,3 persen. Tak kurang dari 2,55 juta sepeda motor rakitan AHM berhasil distribusi dan terjual ke konsumen.

General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, penjualan motor Honda tumbuh sekitar 28,8 persen dibandingkan tahun 2020. Hasil ini tak lepas dari ekonomi masyarakat yang berangsur pulih dan penyebaran vaksinasi yang merata sehingga kegiatan masyarakat mulai normal.

“Kenaikan market salah satunya karena memang ekonomi sendiri mulai membaik dan tingkat kepercayaan masyarakat juga begitu. Kemudian vaksinasi sudah luas dan kegiatan mulai normal kembali secara tidak langsung itu mendongkrak ekonomi dan berdampak ke pasar kita.” kata Muhib di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (30/9).

Di samping itu, AHM pada tahun ini terbilang agresif soal peluncuran motor baru. Setidaknya dari Januari sampai September 2021 mereka sudah merilis 21 produk yang di antaranya adalah model all new, produk yang benar-benar baru, dan model penyegaran. Muhib mengatakan, faktor ini juga jadi penyebab mengapa penjualan Honda bisa membaik dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedikit contohnya adalah meluncurkan all new Honda CBR150R, all new PCX160, all new CB150R, new Forza 250, new CBR600RR, new CRF250 Rally, sampai edisi penyegaran Honda CB500X yang diluncurkan akhir September lalu.

Baca Juga   Sapi Kung Fu, Nama Mobil Listrik Terbaru Geely Geometry

“Ditambah memang secara produk kita merilis beberapa model baru dan melakukan penyegaran juga untuk beberapa motor. Ini tentu mempengaruhi kenaikan penjualan saat ini,” katanya.

Angka penjualan 2 tahun sebelumnya

Adapun untuk penjualan motor year to date Januari sampai Agustus 2019 penjualan motor Honda berada di angka 3,28 juta unit. Sementara di 2020 turun menjadi 1,98 juta unit efek penyebaran virus corona.

Meski begitu market share dari Honda di 2021 masih akan terus berubah, sebab tahun ini masih menyisakan 3 bulan lagi. Data penjualan motor nasional dari AISI per September pun belum dipublikasikan.

Sekadar informasi saja, anggota dari AISI berisikan 5 produsen motor. Mulai dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS. Dari laman resmi AISI, penjualan sepeda motor saat ini masih didominasi oleh motor matik dengan persentase 87,28 persen, motor bebek 6,56 persen dan tipe motor sport 6,16 persen.***

  • Share