Menjaga Baterai HP agar Awet dan Tahan Lama, Begini Caranya

  • Share

SAAT INI, keberadaan handphone (HP) sudah seperti sebuah kebutuhan dalam melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari bersosialisasi, hingga dalam menyelesaikan urusan pekerjaan atau tugas. Maka tak heran, jika daya baterai menjadi salah satu spesifikasi yang sering diperhatikan saat membeli hp.

Sayangnya, sebaik apa pun spesifikasi baterai hp kita, tampaknya tetap tak bisa mengalahkan waktu, yang mengikis kemampuan dan kapasitas baterai. Ya, seiring bertambahnya usia pemakaian, kinerja baterai pun juga akan semakin menurun.

Pada umumnya, hp menggunakan baterai lithium-ion untuk penyimpanan energi. Dalam jenis baterai ini, logam litium dan ion litium bergerak masuk dan keluar dari masing-masing elektroda, sehingga menyebabkannya secara fisik mengembang dan berkontraksi.

Sayangnya, proses ini tidak sepenuhnya dapat dibalik dan baterai kehilangan kapasitas dan voltase pengisiannya seiring dengan bertambahnya jumlah siklus pengisian dan pengosongan.

Terlebih, elektrolit (cairan penghantar listrik) yang menghubungkan elektroda juga menurun selama siklus ini. Kemampuan baterai litium-ion untuk menyimpan muatan bergantung pada tingkat degradasi.

Ini berarti ada hubungan antara bagaimana cara kita dalam menangani perangkat kita saat ini dengan kapasitas pengisian daya di masa yang akan datang. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, pengguna dapat meminimalkan degradasi ini dan memperpanjang masa pakai perangkat mereka.

Dilansir dari carlcare.com, berikut kami bagikan bagaimana cara menjaga baterai hp agar awet dan tahan lama.

Hindari pengisian daya dan penggunaan hp yang berlebihan

Cara menjaga baterai hp agar awet yang pertama yaitu dengan tidak menggunakan hp atau melakukan pengisian daya secara berlebihan. Tepatnya, waktu yang dibutuhkan untuk menguras baterai yang terisi penuh dipengaruhi oleh waktu penggunaan, jenis aplikasi yang digunakan, jumlah waktu yang digunakan, kecerahan layar, dan lain-lain. Agar baterai ponsel Anda tahan lebih lama, usahakan untuk menghindari penggunaan hp dan pengisian daya yang berlebihan.

Baca Juga   Xiaomi Hadirkan Smartphone Keren, Xiaomi 12

Untuk memastikan Anda tidak menggunakan ponsel secara berlebihan, Anda harus sering beristirahat setelah beberapa saat. Selain itu, pastikan untuk selalu mencabut ponsel Anda setelah pengisian selesai, atau segera isi daya ponsel Anda saat baterai hp berada pada rentang 20 -80% untuk membuat baterai ponsel bertahan lebih lama.

Jangan gunakan hp saat mengisi daya

Cara menjaga baterai hp agar awet yang kedua adalah dengan tidak menggunakan hp saat sedang melakukan pengisian daya. Menggunakan hp saat mengisi daya memiliki efek buruk pada masa pakai baterai. Saat Anda menggunakan ponsel saat mengisi daya, ponsel cenderung menarik daya langsung dari pengisi daya dan mengurangi jumlah daya yang dialihkan ke baterai.

Selalu gunakan pengisi daya asli

Cara menjaga baterai hp agar awet yang ketiga yakni dengan selalu menggunakan pengisi daya yang asli. Jenis pengisi daya yang Anda gunakan juga berpengaruh pada masa pakai baterai. Pengisi daya terbaik untuk digunakan adalah yang disertakan saat Anda pertama kali membeli ponsel. Namun jika sudah tampak bermasalah, pastikan Anda membeli charger asli yang sesuai dengan ponsel Anda agar baterai ponsel lebih awet.

Setiap telepon dibuat untuk mengisi daya pada arus tertentu, dan ketika Anda mencoba menggunakan pengisi daya dengan kapasitas yang lebih tinggi atau lebih rendah akan berdampak buruk pada baterai. Beberapa bahkan mungkin tidak dapat digunakan untuk mengisi daya hp.

Mode daya rendah

Cara menjaga baterai hp agar awet yang keempat yaitu dengan menggunakan mode daya rendah pada hp Anda. Mode daya rendah, atau juga dikenal sebagai Battery saver di Android, dapat membantu Anda menghemat banyak baterai dengan membatasi beberapa fungsi ponsel seperti membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang, menonaktifkan getaran, mengurangi kecerahan layar, dan lain-lain.

Baca Juga   Guys, Vivo Y53s Sudah Resmi Beredar di Indonesia

Jika Anda perlu menggunakan ponsel untuk waktu yang lama, aktifkan mode Battery saver ini untuk memotong beberapa fungsi ponsel dengan imbalan masa pakai baterai yang lebih baik sehingga ponsel bisa bertahan lebih lama.

Hindari aplikasi yang tidak perlu

Cara menjaga baterai hp agar awet yang kelima yakni dengan menghindari pemasangan aplikasi yang tidak perlu. Penyimpanan ponsel kita mungkin memang cukup besar untuk menampung banyak aplikasi. Namun, menyimpan aplikasi yang tidak perlu di hp Anda hanya akan membuat penggunaan CPU dan daya yang lebih banyak.

Turunkan tingkat kecerahan layar

Dari setiap aplikasi atau proses lain yang berjalan di ponsel Anda, layar lebih mempengaruhi masa pakai baterai. Oleh karena itu, untuk memperpanjang masa pakai baterai di hp Anda, kurangi tingkat kecerahan di sebagian besar kondisi.

Anda juga dapat mengaktifkan Adaptive Brightness pada ponsel untuk membantu Anda menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan jumlah cahaya di lingkungan Anda. Ini membantu menghemat masa pakai baterai dan juga menghemat tekanan karena menyesuaikan secara manual sepanjang waktu.

Jangan mengisi daya ponsel semalaman

Untuk memastikan Anda tidak mengisi daya ponsel secara berlebihan, hindari pengisian daya yang dilakukan semalaman. Coba Anda bayangkan, rata-rata waktu tidur sebagian orang adalah 6-8 jam. Sedangkan sebagian besar ponsel, sudah bisa terisi penuh dalam 2-3 jam. Jadi, mengisi daya ponsel Anda semalaman akan berdampak buruk pada masa pakai baterai. Beberapa baterai juga telah dilaporkan menjadi bengkak atau meledak setelah pengisian yang berlebihan dalam waktu yang lama.

Meskipun beberapa produsen mengonfirmasi bahwa kebanyakan produk ponsel saat ini memiliki fitur di mana pengisi daya secara otomatis akan terputus setelah baterai terisi penuh, tetap tidak disarankan untuk tidak mengisi daya hp Anda sepanjang malam.

Baca Juga   Penting Diketahui, iPhone Anda Curian atau Bukan, Begini Cara Mengetahuinya

Jangan gunakan background bergerak

Background animasi memang tampak atraktif dan menyenangkan untuk dilihat. Tapi seberapa besar pengaruhnya terhadap baterai? Jawabannya sama seperti saat Anda menonton film animasi. Jadi, akan lebih baik untuk menghindari menggunakan wallpaper animasi untuk menghemat daya baterai.

Matikan fitur getar

Cara menjaga baterai hp agar awet yang terakhir yaitu dengan mematikan fitur getar pada hp Anda. Getaran di Android adalah fitur yang sangat berguna. Fitur tersebut dapat memberitahu Anda ketika ada pemberitahuan baru yang masuk. Tetapi vibrator ini menggunakan motor yang mengambil sebagian daya dari baterai setiap kali hp Anda bergetar. Untuk memperpanjang masa pakai baterai di ponsel Anda, nonaktifkan getaran dari pengaturan Suara di perangkat Anda.***

  • Share