22 dari 34 Gubernur Terjerat Korupsi

  • Share

BuliranNews, JAKARTA – Statemen mengejutkan keluar dari mulut ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPP) Firli Bahuri, dimana kata dia, KPK mencatat sudah 22 orang gubernur yang tersangkut korupsi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Tak hanya kepala daerah di tingkat provinsi, kepala daerah di tingkat kabupaten/kota pun jumlahnya tak sedikit yang harus berurusan dengan tim anti rasuah itu.

“Jika dari 34 provinsi, 22 orang kepala daerahnya harus berurusan dengan kami, maka dari 542 pemerintahan kabupaten/kota yang ada, sebanyak 122 orang tersangkut korupsi,” kata Firli dalam keterangannya, Kamis (7/10).

Sebagai ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan sangat prihatinan dengan hal tersebut di atas. Sebab menurutnya, KPK tak henti-hentinya memberikan pemahaman tentang apa yang harus dilakukan dan tidak oleh kepala daerah agar tak tersangkut korupsi.

Firli yang mengungkapkan hal itu dalam sambutan kegiatan Pembekalan Antikorupsi atau Executive Briefing, di Gedung Merah Putih KPK, berharap trend korupsi bisa turun bukan sebaliknya meningkat setiap saat.

Firli mengatakan, membangun integritas merupakan salah satu upaya mencegah korupsi. Hal itu dilakukan dengan memberikan pemahaman anti korupsi kepada penyelenggara negara di pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara/Daerah, sektor swasta hingga ke seluruh jejaring pendidikan.

Dia memandang strategi pemberantasan korupsi dengan mengintegrasikan tiga pendekatan pendidikan, pencegahan dan penindakan sudah tepat. Firli mengatakan, penindakan guna memberikan efek jera, sedangkan pendidikan untuk mencegah keinginan dan perilaku koruptif serta perbaikan sistem untuk mencegah dan menutup peluang korupsi. (*/rpl)

 

Baca Juga   Gawat ! 43,3 Persen Masyarakat Indonesia tak Percaya Data Covid-19 Pemerintah
  • Share