Kopi Hutan, Seruput Nikmat Kehangatan Malinau

  • Share

KOPI memang merupakan minuman yang memilki rasa unik, terdapat beragam rasa di dalamnya, tergantung bagaimana biji kopinya. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pilihan kopi dengan kualitas sangat baik. Seperti Kopi Toraja dan Sumatera. Namun apakah kalian sudah mendengar kopi asal Kalimantan? Kalian pasti menggeleng, jawaban kalian salah. Sebab, pulau ini juga memiliki kopi nikmat loh yaitu Kopi Malinau.

Memang bila berbicara mengenai eksistensi masih kalah jauh dengan kopi ternama Indonesia, namun soal rasa sangat bisa untuk diadu. Bahkan kopi ini sendiri di Kalimantan belum begitu terkenal, kecuali bila kita jalan-jalan ke kawasan hutan Taneg Olen yang terletak di Kabupaten Malinau.

Di sana kalian akan menemukan penduduk lokal dari Suku Dayak Kenyah yang sering menghidangkan secangkir kopi. Bahkan di sana terdapat sebuah budaya yang tidak memperboleh untuk menolak hidangan kopi, adat tersebut dikenal dengan istilah “Kepunan”.

Nah, dari pada penasaran seputar informasi Kopi Malinau, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Kalau memang kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Kalimantan, maka jangan sampai melewatkan kopi ini.

Kopi Malinau, Kopi Khas Kalimantan

Kopi yang berasal sesuai dengan namanya ini memang memiliki rasa yang nikmat serta unik. Menurut orang-orang yang pernah berkunjung dan mencicipinya, kopi lokal ini terlihat hitam pekat dan juga kental. Namun uniknya lagi, kopi ini tidak memiliki aroma khas seperti kopi lainnya.

Namun ketika menyeruputnya dari gelas, kalian akan menikmati betapa gurihnya Kopi Malinau ini. Rasanya yang cukup tajam dengan adanya gigitan manis diakhir tiap tegukan menjadi alasan mengapa kopi ini pantas dikatakan nikmat.

Masyarakat lokal sering menyebut kopi ini sebagai “kopi hutan”. Faktanya kopi hutan ini sudah diproduksi baik untuk umum atau untuk sendiri dengan kuantitas yang terbatas. Sebagian besar masyarakat lokal mengambil kopi ini di hutan untuk konsumsi pribadi saja.

Baca Juga   Anda Penggemar Kopi? Wajib Tahu Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Memiliki Potensi Cukup Tinggi

Karena kenikmatan dari Kopi Malinau itu sendiri tak heran apabila minuman khas ini memiliki potensi cukup tinggi untuk bisa dikembangkan. Bahkan sudah ada beberapa organisasi atau pemerintah yang ingin sekali utnuk menigkatkan penjualan dari kopi ini.

Kalimantan sendiri juga merupakan kawasan yang memiliki banyak sekali penikmat kopi, namun memang belum diakomodir atau belum disentuh. Sehingga tak heran apabila Kopi Malinau ini sendiri jarang sekali sampai ke telinga banyak orang. Padahal kopi ini menjadi kearifan lokal yang patut untuk dilestarikan dan dikembangkan.

Namun dibalik itu semua, kalian bisa kok menikmati kopi ini dengan mudah ketika berkunjung ke Malinau, Kalimantan Utara. Karena terdapat beberapa kedai kopi yang memang menjual kopi jenis ini dan tentunya sudah sangat mudah untuk dikonsumsi.

Kopi Kaya Manfaat

Bukan hanya nikmat, namun Kopi Malinau juga dipercaya memiliki khasiat khusus untuk badan. Hal tersebut pun dipercaya oleh masyarakat. Bukan hanya hisapan jempol belaka saja, karena sudah banyak dari masyarakat Malinau sendiri yang sudah merasakan khasiatnya.

Kapan lagi mendengar minuman kopi bisa memberikan sebuah khasiat yang baik untuk tubuh selain dari Kopi Malinau ini. Biasanya warga sekitar juga sering mencampur Kopi Malinau dengan Kopi Luwak, konon khasiatnya akan lebih terasa ketika mencampurkan kedua jenis kopi ini.

Nah, manfaat dari Kopi Malinau dengan varian Kopi Luwak yaitu bisa melindungi gigi, karena terkenal anti lengket. Bahkan hal ini sudah dilakukan penilitian, kalau perpaduan antara kedua kopi tersebut mampu melindungi gigi dari bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Berarti bisa dikatakan pula kalau Kopi Malinau sendiri merupakan kopi dengan beragam manfaat atau memiliki keuntungan yang bisa didapatkan. Memang hingga hari ini kalian masih akan menemukan kesulitan untuk menemukan kopi ini di luar Kalimantan.***

Baca Juga   Harap Dikurangi, 6 Jenis Kopi Ini Miliki Kadar Kafein Tinggi

 

  • Share