Mobil Anda Tiba-Tiba Mogok, Mungkin Ini Penyebabnya

Avatar Of Teddy Chaniago
11. Mobil Mogok | Buliran.com

MOBIL tiba-tiba mogok menjadi mimpi buruk setiap pengemudi. Yang pertama terpikirkan pasti karena kehabisan BBM. Namun, saat dicek ternyata indikator BBM menunjukkan sebaliknya, isi tangki masih penuh.

Kondisi ini membuat pengemudi akan merasa panik, terlebih lagi yang kurang paham dengan mesin kendaraan. Untuk itu, Anda harus memahami beberapa penyebab mesin mobil mati mendadak. Dilansir Zing, ada 5 penyebab mesin mobil mati.

1. Catalytic Converter Rusak

Konverter katalik mobil berfungsi sebagai alat pengendali emisi buang yang berguna untuk mengubah gas polutan beracun agar memiliki kadar racun yang rendah dengan cara mereduksinya.

11. Catalytic Converter Rusak | Buliran.com

Alat ini bisa rusak dan menyebabkan mesin mobil mati mendadak ketika bahan bakar terlalu banyak residu, sehingga mengakibatkan adaptor bermasalah. Ujung-ujungnya knalpot akan terbebani secara berlebihan dan pembuangan tidak optimal.

2. Gearbox Kehabisan Oli

Gearbox mobil atau transmisi juga dapat menyebabkan mesin mobil mati mendadak. Sebagai pengatur gerak kendaraan, gearbox menjadi salah satu bagian terpenting dari kendaraan. Oleh karena itu, Anda harus sering-sering cek pelumasnya.

11. Gearbox Kehabisan Oli | Buliran.com

Jangan sampai gearbox kekurangan bahkan kehabisan oli. Banyaknya oli tergantung jenis dan model kendaraan. Informasi ini dapat Anda cek di panduan manual kendaraan.

3. Overheat

Kasus mesin mati mendadak yang paling umum disebabkan oleh overheat. Hal ini biasanya karena pemilik kendaraan jarang mengecek air radiator. Jika air radiator kurang atau bahkan habis, maka jangan heran apabila mengalami masalah ini.

Baca Juga   8 Mobil Ikonik dalam Film yang Populer hingga Penjuru Dunia