Balaskan Kekalahan di Semifinal Euro 2020, Spanyol Hentikan Rekor Kemenangan Italia

  • Share

BuliranNews, MILAN – Spanyol berhasil membalaskan kekalahan dari Italia pada Semifinal Euro 2020 bulan lalu, Tim Matador menyingkirkan sang juara Eropa itu pada semifinal UEFA Nations League 2020-2021. Kemenangan Spanyol tentu bernilai ganda, selain membalaskan sakit hati, juga menyungkurkan Italia di kandangnya dengan skor 2-1.

Gol-gol Spanyol dalam pertandingan yang dihelat di Stasdion San Siro Milan itu, dilesakkan Ferran Torres pada menit 17 dan 45+2. Sementara itu, gol tunggal Italia dicetak Lorenzo Pellegrini pada menit 83. Berkat kemenangan ini, Spanyol lolos ke final UEFA Nations League A 2020-2021. Sementara Italia, rekor tak terkalahkan Gli Azzurri –julukan Italia– terhenti di angka 37.

Kedua tim di awal pertandingan mencoba menguasai jalannya laga sejak pertandingan dimulai. Italia mampu memberikan serangan-serangan yang efektif, namun Spanyol mampu menguasai bola dengan lebih baik.

Mampu mendapatkan bola dengan baik, Spanyol terus berusaha untuk melakukan serangan. Hasilnya, Ferran Torres mampu dengan mudah menempatkan bola ke sisi kanan bawah gawang Italia dengan menuntaskan umpan Mikel Oyarzabal di menit ke-17, Spanyol pun unggul 1-0.

Para Pemain Italia kehilangan cara untuk bermain memukau dan hampir saja kembali kebobolan satu menit setelahnya. Namun, Gianluigi Donnarumma mampu menggagalkan upaya gol kedua yang dilakukan Spanyol.

Tak membutuhkan waktu ama, Gli Azzurri kembali ke tempo permainan semua dan memulai memperbaiki kesalahan. Namun, Italia masih belum mampu mencetak gol penyeimbang di babak pertama.

Italia terus berusaha memecah kebuntuan di babak pertama, namun Spanyol masih terlalu kuat. Tim asuhan Roberto Mancini pun harus bekerja lebih ekstra di menit ke-42, Leonardo Bonucci diberikan kartu kuning kedua setelah menyikut Sergio Busquets. Italia pun harus bermain dengan 10 pemain.

Baca Juga   Kado Kedua dari Tajikistan, Indonesia Kalahkan Nepal 2-0

Mendapatkan keuntungan jumlah pemain, Spanyol semakin menguasai jalannya pertandingan. Ferran Torres pun kembali mencetak gol menjelang turun minum. Skor 2-0 untuk Spanyol pun bertahan hingga turun minum.

Kehilangan satu pemainnya, Roberto Mancini pun memutuskan untuk mengubah formasi di babak kedua. Harus bermain dengan sepuluh pemain memaksa Italia menerapkan pola bertahan.

Spanyol meneruskan kinerja baiknya dengan terus mampu menguasai bola dan kerap membuat sergapan yang menyulitkan pemain Italia. Beberapa peluang ditembakkan oleh Spanyol, namun Italia mampu menunjukan pertahanan yang cukup baik.

Meski terus membombardir pertahanan Italia, Spanyol masih kesulitan untuk menambah keunggulannya di babak kedua. Luis Enrique pun mencoba beberapa perubahan untuk memberikan kejutan kepada Italia.

Perlahan-lahan, Italia mampu menemukan tempo permainannya dan membuat Syanyol kerap kehilangan bola. Pada menit ke-83, Lorenzo Pellegrini mampu memperkecil ketertinggalan Italia menyelesaikan umpan Federico Chiesa.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta. Spanyol pun mampu meruntuhkan dominasi Italia dengan kemenangan 2-1.

Berikut susunan pemain Italia vs Spanyol:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci (c), Alessandro Bastoni, Emerson; Nicolo Barella D Calabria 72’), Jorginho (L Pellegrini 64’), Marco Verratti (M Locatelli 58’); Federico Chiesa, Federico Bernardeschi (G Chielliini 46’), Lorenzo Insigne (M Kean 58’).

Pelatih: Roberto Mancini.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Marcos Alonso; Koke (M Merino 75’), Sergio Busquets (c), Gavi (Sergo Roberto 84’); Pablo Sarabia (Bryan Gil 75’), Ferran Torres (Yeremi Pino 49’), Mikel Oyarzabal.

Pelatih: Luis Enrique. (*/oks)

 

  • Share