Guys, Ini Lho 5 Sungai Terpanjang di Indonesia

  • Share

SEBAGAI negara kepulauan, Indonesia tentunya dianugerahi kekayaan alam melimpah yang di dalamnya ada lautan, danau, hingga sungai. Dengan kekayaan bahari inilah, tak heran jika Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata bahari terfavorit.

Maka dari itu menjelajahi wisata bahari di Indonesia bakal terasa kurang afdal tanpa menyusuri sungai terkenal paling panjang di Indonesia. Berikut ini kelima daftar sungai terpanjang di Indonesia yang bisa menjadi pilihan destinasi wisatamu.

1. Sungai Kapuas

Memiliki panjang total keseluruhan mencapai 1.100 km, menjadikan Sungai Kapuas mendapat predikat sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Sungai yang terletak di Kalimantan Barat ini memegang peranan penting bagi masyarakat yang tinggal di daratan Kalimantan.

Bukan sekadar menjadi sarana penghubung antar daerah, kekayaan sumber daya yang dimiliki Sungai Kapuas pun menjadikannya sebagai sumber mata pencaharian oleh para nelayan di sekitar tepian sungai.

2. Sungai Mahakam

Sungai terpanjang berikutnya masih terletak di Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur adalah Sungai Mahakam. Sungai Mahakam sendiri memiliki panjang mencapai 920 km atau sedikit lebih pendek dibanding Sungai Kapuas yang keberadaannya sangatlah penting.

Bagi warga sekitar sungai ini digunakan sebagai sumber mata air, mata pencaharian, hingga prasarana transportasi. Dan sungai terpanjang ini juga menjadi salah satu habitat pesut mahakam yang kini keberadaannya telah langka.

3. Sungai Barito

Berada di Kalimantan Selatan, Sungai Barito memiliki panjang 909 km menempati urutan ketiga sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

Sungai Barito sendiri oleh masyarakat di sini tak sebatas difungsikan sebagai jalur distribusi saja, lho. Melainkan juga kegiatan para nelayan untuk mencari ikan dan para pedagang yang menjajakan jualannya lewat pasar terapung.

Baca Juga   Negara-Negara Unik di Dunia ! Tanpa Bandara, Kereta Api, Laut, Warisan Dunia, Angkatan Bersenjata & Hutan

Sementara itu, daya tarik dari Sungai Barito ialah adanya Jembatan Barito yang menjadi ikonik dan merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

4. Sungai Batanghari

Tidak melulu Kalimantan, pulau Sumatera juga memiliki sungai terpanjang di urutan keempat, yakni Sungai Batanghari dengan panjang 800 km.

Meski berada di urutan keempat, namun Sungai Batanghari mampu mengairi dari provinsi Sumatera Barat hingga ke Provinsi Jambi.

5. Sungai Musi

Masih di daerah Sumatera, tepatnya di Sumatera Selatan ada Sungai Musi yang membentang sepanjang 750 km dengan sumber air berasal dari Daerah Kepahiang, Bengkulu.

Sejak dahulu, Sungai Musi dipilih menjadi salah satu jalur transportasi tercepat dibanding jalur darat. Sehingga tidak heran jika di sana banyak kapal-kapal yang lalu lalang melintasi Sungai Musi.

Sungai terpanjang di Indonesia ini gak hanya terkenal sebagai landmark daerah tersebut, namun juga memiliki keindahan alam sekitar yang terlihat memukau. Gimana, tertarik buat menelusuri kelima sungai ini? ***

  • Share