Cara Mudah Agar Motor Anda Irit BBM

  • Share

SALAH satu hal penting yang dicari oleh pengendara motor adalah irit atau tidaknya konsumsi BBM. Saat ini memang sudah banyak sekali motor yang bisa dibilang irit bahan bakar, namun tetap saja untuk menjaga keiritan bahan bakar motor pun ada perlakuan khusus.

Nah, berikut ini ada beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan supaya motormu bisa lebih irit tanpa harus ganti mesin.

1. Mesin motor yang bersih dari kotoran

Salah satu hal yang membuat kondisi mesin motor selalu prima adalah kebersihan komponen-komponen mesin motor itu sendiri. Untuk motor skutik sendiri, pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada filter udara dan juga drive belt. Keadaan drive belt yang bersih membuat akselerasi motor atau gas jadi lebih ringan sehingga motor jadi irit.

2. Pakai BBM dengan oktan yang sesuai

Pilihlah bahan bakar motor atau bensin dengan oktan yang sesuai. Jadi kamu harus mengetahui berapa rasio kompresi mesin, sehingga kamu tahu apa jenis BBM yang cocok. Apakah pertalite, pertamax, pertamax plus dan sebagainya.

Menggunakan bensin yang oktannya sesuai, maka pembakaran BBM pun jadi lebih sempurna sehingga mesin motor jadi lebih bersih, tidak ada kerak yang menempel di dinding mesin. Selain itu pembakaran yang sempurna bisa bikin mesin jadi lebih awet.

3. Cek kondisi tekanan angin ban

Jangan salah lho, kondisi ban motor yang kempes ternyata bisa membuat motormu jadi lebih boros. Selalu pastikan tekanan gas pada ban motormu normal. Karena ketika ban motormu kempes atau kurang gas akan membuat tarikan motor jadi lebih berat sehingga membuat konsumsi bensin/BBM jadi lebih banyak!

Baca Juga   XPeng Kenalkan Varian X2, Mobil Terbang dari Negeri China

4. Rutin mengganti oli mesin

Apakah kamu termasuk orang yang cuek dengan urusan oli mesin? Kalau iya, mulai sekarang kamu harus lebih perhatian dengan hal ini. Selalu cek dan rutin ganti oli mesinmu. Karena oli mesin yang sudah lama tidak diganti akan membuat mesin motor jadi lebih cepat panas sehingga berpengaruh pada konsumsi BBM. Idealnya oli motor sebaiknya diganti rutin setiap 2000 kilometer.

5. Berkendara dengan normal dan sewajarnya

Siapa nih yang suka banget kebut-kebutan? Mungkin kamu merasa motormu jadi lebih boros. Menarik gas motor dengan kencang sangat memengaruhi konsumsi bahan bakar motor. Terlebih lagi pengendara motor skutik biasanya tanpa sadar suka menarik gas dengan kencang secara mendadak, hal itu dapat membuat motor jadi lebih boros bila dibandingkan saat menarik gas secara perlahan-lahan dan normal.

Menjaga motor agar lebih irit pastinya akan sangat menguntungkan buat diri sendiri bukan? Cara-cara di atas sangat mudah untuk dilakukan. Selain bisa membuat motor jadi lebih irit, mesin motor juga jadi lebih awet dan prima. ***

  • Share