Jika WhatsApp Kembali Down, Jangan Khawatir ! Ada Telegram, Signal, Viber dan Line

  • Share

TELEGRAM , Signal, dan Viber serta beberapa aplikasi lain jadi solusi terbaik apabila WhatsApp down lagi selama 6 jam seperti sepanjang Senin (4/10) malam hingga Selasa (5/10) dini hari. Hingga saat ini WhatsApp memang sudah berangsur-angsur kembali normal.

Dalam keterangan resmi melalui akun twitter, WhatsApp meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Mereka berkomitmen untuk segera mengembalikan WhatsApp seperti sebelumnya.

“Terima kasih atas kesabarannya. Kami akan terus berupaya memberikan perkembangan terbaru ketika kita memiliki informasi yang bisa dibagi,” tulis Twitter.

Hanya saja kemungkinan WhatsApp down bisa saja terjadi lagi. Penggunan tentu membutuhkan solusi apabila layanan pesan instan milik Mark Zuckerberg itu kembali bermasalah. Nyatanya memang masih ada banyak aplikasi pesan instan selain WhatsApp yang bisa digunakan. Bahkan memiliki kelebihan yang tidak dipunyai WhatsApp, berikut di antaranya:

1. Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi yang paling sering dibicarakan dan jadi hot topic setiap kali WhatsApp dilanda masalah. Pasalnya Telegram memang memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki WhatsApp salah satunya yang paling penting buat para pengguna adalah privasi.

Namun bukan itu saja kelebihannya. Telegram setidaknya memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Jadi pengguna bisa berbagi file dengan ukuran yang besar. Selain itu Telegram bisa berbagi data media tanpa khawatir kualitas menjadi turun. Lewat Telegram pengguna juga bisa menambahkan teman dengan menggunakan username. Jadi sangat praktis ketika digunakan.

Selain itu pengguna juga bisa melakukan edit pada pesan yang terkirim jika memang pesan yang dikirim salah. Kelebihan lainnya adalah Telegram memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan rahasia dan membuat grup dengan kapasitas lebih besar.

2.Signal

Aplikasi Signal sempat jadi trending topic ketika CEO Elon Musk menyarankan untuk menggunakan Signal. Kelebihan Signal memang ada pada keamanan penggunanya yang sangat diutamakan. Hal ini terjadi karena Signal dimiliki oleh organisasi non profit sehingga penyalahgunaan datanya cukup kecil.

Baca Juga   4 Cara Mudah Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer

Signal sendiri menerapkan enkripsi secara total. Bukan hanya untuk chat tetapi juga untuk telepon yang dilakukan melalui aplikasi tersebut. Jadi tidak ada pihak lain yang bisa meretas untuk mendengarkan obrolan atau membasa pesan.

Selain itu Signal juga tidak menguras data pengguna.Data-data pribadi pengguna terlindungi dengan baik.

3. Line

Jangan pernah anggap enteng Line. Aplikasi ini memang terkesan dianggap remeh oleh pengguna yang sudah berumur. Padahal hingga saat ini Line cukup reliable untuk jadikan aplikasi pesan instan. Apabila Anda hanya ingin berkomunikasi saja untuk sebagai backup jika WhatsApp down, Line sangat bisa diandalkan.

Fakta membuktikan ketika kota Tohoku, Jepang terkena bencana tsunami pada 2011, aplikasi Line sangat diandalkan oleh masyarakat Jepang untuk proses penyelamatan korban bencana.

4. Viber

Aplikasi vibеr mеmаng tidаk sерорulеr WhatsApp. Nаmun, aplikasi ini tеrmаsuk salah satu aplikasi chatting terbaik. Bisa dibilang, Vibеr аdаlаh aplikasi “kоlаbоrаsi” аntаrа Blаckbеrry Mеssаgеr dan WhatsApp. Hаmрir sеmuа fitur yаng аdа раdа WhatsApp dimiliki jugа оlеh Vibеr.

Bеbеrара fitur unggulan yаng аdа раdа Vibеr аdаlаh раnggilаn suаrа, раnggilаn vidео, unsеnd реsаn, dаn tеntunyа fitur реsаn tеrеnkriрsi еnd-tо-еnd. Kаlаu kаmu bоsаn dеngаn WhatsApp, kаmu bisа cоbа aplikasi yаng sаtu ini!

  • Share