WhatsApp-Instagram Down! Kenapa Ya?

  • Share

PLATFORM MEDIA sosial seperti Facebook (FB), Instagram dan WhatsApp mengalami gangguan alias down sejak Senin (4/10) malam. Akibat gangguan itu, jutaan orang mengalami kendala dalam mengakses aplikasi dan produk mereka.

Baik WhatsApp, Instagram dan Facebook belum menjelaskan secara rinci penyebab masalah itu. Namun, Divisi analisis internet Cisco Thousand Eyes mengatakan melalui akun Twitter-nya, masalah itu disebabkan oleh kegagalan Domain Name System (DNS).

DNS di sini merupakan penterjemah nama situs web menjadi alamat IP yang dapat dibaca oleh komputer. Ini sering disebut buku telepon internet.

Doug Madory, direktur analisis internet di perusahaan pemantauan jaringan Kentik mengatakan permasalahan yang terjadi pada WhatsApp, Facebook dan Instagram kemungkinan disebabkan oleh hilangnya konektivitas internet ketika mereka sedang memperbarui konfigurasi jaringan mereka.

Masalah serupa pernah terjadi Juni di Fastly, sebuah perusahaan komputasi awan AS. Mereka sempat mengalami pemadaman internet global selama sekitar 50 menit.

“Saya tidak tahu jika saya pernah melihat pemadaman seperti ini sebelumnya dari sebuah perusahaan internet besar,” katanya seperti dikutip dari CNN.com, Selasa (5/10).

Diaa menambahkan fakta bahwa gangguan atau down yang terjadi pada perusahaan dengan ukuran dan sumber daya seperti Facebook apalagi sampai berlangsung sampai dengan lebih dari tiga jam, itu menunjukkan bahwa tidak ada perbaikan cepat yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini.

Insinyur utama di perusahaan keamanan digital Netscout Roland Dobbins mengatakan Facebook kemungkinan butuh waktu untuk memulihkan layanan mereka secara bertahap.

Karena itu, ia meminta perusahaan segera menginformasikan kepada pengguna di seluruh dunia soal masalah tersebut.

Facebook, Instagram dan WhatsApp down sejak Senin (4/9) malam. Situs pelacakan pemadaman Down Detector mencatat akibat gangguan itu, puluhan ribu orang mengeluh.***

Baca Juga   Takut Bocor? Ini Tips Menjaga Data Pribadi di Internet

 

  • Share