Mau Tahu Ukuran Helm yang Tepat untuk Kepala Anda? Ikuti Tips Berikut

  • Share

MENGENDARAI sepeda motor memang terkesan lebih asyik dari pada saat mengendarai mobil. Namun, keamanan selama berkendara juga perlu diperhatikan.

Salah satu kewajiban yang harus diperhatikan disini yaitu pengendara motor wajib menggunakan helm. Ukuran helm yang Anda gunakan tentunya juga harus sesuai.

Penggunaan helm yang sesuai akan membuat Anda nyaman selama berkendara dan tidak merasa berat atau pusing. Oleh sebab itu, ukuran helm yang akan digunakan untuk mengendarai sepeda motor tidak boleh sembarangan dan harus sesuai SNI.

Ukuran Helm yang Tepat sesuai dengan Lingkar Kepala

Helm sebagai salah satu atribut berkendara yang menjadi kebutuhan Anda ternyata memiliki beberapa ukuran di pasaran.

Ukuran yang dibuat tentunya sudah disesuaikan dengan lingkar kepala mereka yang akan menggunakannya. Berikut ini adalah jenis helm yang telah disediakan dengan berbagai ukuran.

Helm Ukuran XS

Untuk helm ukuran XS, merupakan jenis helm yang ukurannya paling kecil. Biasanya, yang paling cocok dengan ukuran XS adalah Anda yang memiliki lingkar kepala 53-54 cm. Helm dengan ukuran XS direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kepala ukuran kecil.

Helm Ukuran S

Bagi Anda yang memiliki lingkar kepala 55-56 cm, maka yang paling sesuai untuk digunakan adalah helm ukuran S. Helm dengan ukuran S sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan yang ukuran XS. Lingkar kepala dari kedua ukuran helmnya pun tidak terlalu jauh perbedaannya.

Helm Ukuran M

Helm ukuran M akan cocok untuk digunakan oleh Anda yang memiliki lingkar kepala 57-58 cm. Pada umumnya, M adalah ukuran yang cukup banyak dipilih oleh penggunaan helm.

Ukuran yang sedang memang cenderung sesuai dengan ukuran lingkar kepala kebanyakan orang, sehingga dijadikan rujukan.

Helm Ukuran L

Biasanya, untuk helm ukuran L, akan tepat digunakan bagi Anda yang lingkar kepalanya berukuran 59-60 cm. Helm yang ukuran L tentu sudah termasuk pada ukuran yang besar dari ukuran-ukuran sebelumnya. Oleh sebab itu, apabila Anda memiliki lingkar kepala yang lumayan besar, maka pilihlah helm ini.

Baca Juga   Lakukan Hal Ini agar Rem Mobil Anda Tetap pakem

Helm Ukuran XL

Selain L, ternyata ada ukuran helm yang lebih besar dan dapat Anda gunakan yaitu helm ukuran XL. Untuk lingkar kepala yang pas menggunakan helm ukuran XL adalah yang besarnya 61-62 cm. Sudah sangat jelas bahwa helm ukuran XL lebih besar dibandingkan ukuran L.

Helm Ukuran XXL

Ukuran selanjutnya untuk jenis helm yang dapat Anda pilih sebagai pemilik lingkar kepala di atas 63 cm adalah helm ukuran XXL. Jika dilihat sepintas, helm tersebut tentunya cocok digunakan oleh orang dewasa dengan lingkar kepala yang cukup besar.

Cara Mengetahui Ukuran Helm yang Pas

Beberapa dari Anda mungkin masih merasa bingung bagaimana cara yang tepat untuk dapat mengetahui helm dengan ukuran lingkar kepala yang pas. Kenyamanan helm yang digunakan untuk berkendara memang perlu diperhatikan, apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor.

Mulai sekarang, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika akan mendapatkan helm yang kurang pas. Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan ketika hendak memilih helm yang pas dan membuat nyaman ketika digunakan.

Tidak Mudah Bergeser ketika Digunakan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ketika memilih helm adalah dengan mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan bahwa ketika helm digunakan tidak mudah bergeser ke kanan atau ke kiri.

Apabila helm yang Anda coba mudah bergeser, itu artinya ukuran tersebut tidak pas dengan lingkar kepala.

Helm tersebut terlalu kebesaran sehingga akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Dapat dibayangkan selama di perjalanan ketika Anda menggunakan helm yang mudah bergeser maka akan merepotkan tangan untuk selalu membetulkannya.

Anda tentu akan merasa kerepotan dan tidak menikmati perjalanan yang dilalui. Selain itu, terlalu banyak bergerak ketika mengendarai sepeda motor juga dapat membahayakan diri Anda. Dengan demikian, usahakan untuk memilih helm yang tidak mudah bergeser saat dipakai.

Baca Juga   Polisi : Ada Unsur Pidana di Kebakaran Lapas Tangerang

Memiliki Jarak Dua Ruas Jari dengan Pelindung Dagu

Anda perlu mengetahui bahwa ukuran helm yang pas memiliki jarak dua ruas jari dengan pelindung dagu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak memilih helm berdasarkan ukuran batoknya saja, karena pada dasarnya semua batok helm diproduksi dengan ukuran yang sama.

Yang menjadikan helm berbeda adalah ukuran busa pada bagian dalamnya. Busa tersebutlah yang nantinya akan menentukan kenyamanan Anda selama berkendara menggunakan helm.

Pada dasarnya, apabila ukuran dari sebuah helm semakin kecil, maka busa yang ada didalamnya akan semakin tebal. Begitu pula sebaliknya, ketika ukuran dari helm tersebut semakin besar, maka komposisi busa didalamnya akan semakin tipis.

Sedikit Ketat Namun Tidak Sakit ketika Digunakan

Cara berikutnya yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui ukuran helm yang pas dengan lingkar kepala adalah sedikit ketat namun tidak sakit ketika digunakan. Helm yang pas memang akan tampak sedikit ketat, namun membuat Anda merasa nyaman sebagai penggunanya.

Kenyamanan Anda ketika menggunakan helm ternyata dapat didapatkan dengan cara menyesuaikan busa pada bagian dalam helm dengan lingkar kepala. Apabila tampak sedikit ketat namun di bagian dalamnya Anda merasa nyaman, maka tidak ada salahnya untuk memilih helm tersebut.

Sederhananya, helm yang memiliki ukuran pas di kepala Anda ketika digunakan tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar. Kenyamanan ketika menggunakan helm hanya dapat dirasakan oleh Anda sebagai penggunanya.

Setelah mengetahui cara-cara yang tepat untuk memilih ukuran helm yang pas, maka tugas Anda selanjutnya adalah mencoba untuk menemukan helm dengan ukuran yang pas melalui cara tersebut. Jangan menyerah untuk mendapatkan helm yang nyaman dan aman ketika digunakan.

Baca Juga   Pelatih Militer Aniaya Anggota TNI Hingga Tewas di Gorontalo

Pentingnya Menggunakan Helm yang Sudah SNI

Telah diketahui bersama bahwa helm memang menjadi bagian yang tidak boleh terlupakan oleh para pengendara sepeda motor. Untuk memperingatkan betapa pentingnya menggunakan helm, bahkan pihak kepolisian sering melakukan tilang pada pengendara yang melanggar kewajiban tersebut.

Tidak sedikit yang mengeluh malas menggunakan helm karena merasa berat dan tidak nyaman apabila menggunakan helm dalam jangka waktu yang lama. Beberapa diantaranya bahkan ada yang mengeluh merasa pusing ketika harus naik sepeda motor dengan menggunakan helm.

Inilah pentingnya bagi Anda untuk memilih jenis helm yang memang sudah SNI. Menggunakan helm tidak semata-mata untuk menghindari tilangan polisi saja, tetapi untuk keamanan dan kenyamanan Anda selama berkendara. Khususnya untuk melindungi bagian kepala dan wajah apabila terjadi benturan.

Bukankah sudah sepantasnya bagi Anda untuk menyayangi dan melindungi diri sendiri dari bahaya yang mungkin terjadi ketika berkendara? Anda dapat melakukan hal tersebut mulai dari pemilihan helm yang sudah sesuai dengan standar anjuran dari pemerintah.

Helm yang sudah SNI akan membuat Anda tetap merasa nyaman meskipun harus menggunakannya berjam-jam.

Keamanan kepala dan wajah Anda juga lebih terlindungi karena tidak menggunakan helm abal-abal. Selain itu, helm yang sudah SNI tentu kualitasnya juga bagus dan awet.***

  • Share